Mohon tunggu...
Komipa UnivMLG
Komipa UnivMLG Mohon Tunggu... AKUN KOMIPA UM

KOMIPA adalah organisasi subdivisi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang ada di Universitas Negeri Malang (UM)

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Komipa Cup 2020

18 Oktober 2020   22:59 Diperbarui: 18 Oktober 2020   23:13 11 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap tahun ajaran baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang memiliki jumlah mahasiswa baru lebih dari 1000 mahasiswa.

Dengan jumlah mahasiswa baru yang sedemikian berlimpah tentunya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang diharapkan melakukan pembinaan yang tidak hanya ditekankan pada bidang kognitif atau ilmu pengetahuan saja, melainkan mencakup pada hal-hal lain. Salah satu bidang yang menjadi perhatian adalah adanya pembinaan dibidang olahraga.

Olahraga merupakan salah satu sarana penting dalam menjaga kesehatan serta dapat menjadi alternatif penyalur bakat, minat dan kreativitas mahasiswa terutama di saat pandemi seperti ini.

Meskipun disaat pandemi covid-19 seperti sekarang, mahasiswa masih bisa melakukan olahraga dan masih tetap bisa menyalurkan bakat serta potensinya. Mahasiswa yang mempunyai bakat serta potensi dibidang olahraga perlu mendapatkan pembinaan serta wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut maka KOMIPA mengadakan kompetisi "KOMIPA CUP 2020" yang dilaksanakan tanggal 15-18 Oktober 2020 yang sedikit berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Kompetisi ini secara umum diharapkan untuk meningkatkan keaktifan dalam berolahraga serta kreativitas personil KOMIPA.

Secara khusus kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaring atlet-atlet baru KOMIPA dalam menyongsong kegiatan kompetisi Pekan Ilmiah, Olahraga dan Seni Mahasiswa Baru (PIOSMABA) Universitas Negeri Malang 2020 disaat pandemi. Selain itu peserta diharapkan mampu berprestasi di wilayah eksternal sehingga dapat meningkatkan nama baik Universitas Negeri Malang.

Kegiatan Komipa Cup 2020 dilakukan dengan sistem daring dimana peserta dapat mengupload hasil karyanya berupa konten Tik Tok bertemakan olahraga atau video dance group pada laman Instagram serta dapat mengikuti permainan tim Mobile Legends Bang-Bang yang disiarkan dalam laman YouTube.

Pada karya konten Tik Tok ini setiap jurusan terdiri minimal 5 mahasiswa angkatan 2020. Pertandingan konten Tik Tok  diikuti oleh 7 mahasiswa jurusan Matematika, 9 mahasiswa jurusan Fisika, 6 mahasiswa jurusan Kimia, 5 mahasiswa jurusan Biologi, dan 6 mahasiswa jurusan Pendidikan IPA. Penilaian pertandingan ini dilakukan secara sinkron dan asinkron.

Berdasarkan penilaian juri didapatkan hasil 3 terbaik yaitu Nur Nariyanti mahasiswa dari jurusan Biologi sebagai juara 1, I Gusti Ayu Made P.M mahasiswa dari jurusan Matematika sebagai juara 2, dan Bekti Deva R.D mahasiswa dari jurusan Matematika sebagai juara 3.

Pada video Dance diikuti oleh 5 tim antara lain jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Pendidikan IPA. Pemenang video Dance ditentukan berdasarkan dari nilai juri dan like terbanyak pada postingan Instagram KOMIPA.

Pertandingan ini dimenangkan oleh jurusan Pendidikan IPA (berdasarkan nilai juri) dan Kimia (berdasarkan like postingan Instagram KOMIPA). Dengan demikian jurusan Pendidikan IPA keluar sebagai juara utama bidang Dance dan Jurusa Kimia keluar sebagai juara terfavorit bidang Dance.

  • Pada Mobile Legends Bang-Bang diikuti 5 tim angkatan 2020 dan 5 tim angkatan 2019-2017 dari jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Pendidikan IPA. Pertandingan ini dilaksanakan dengan sistem double elimination. Pertandingan final Mobile Legends Bang-Bang mempertemukan antara jurusan Kimia angkatan 2020 dengan jurusan Fisika angkatan 2019-2917. Pertandingan ini dimenangkan oleh jurusan Fisika angkatan 2019-2017 keluar sebagai juara 1 dan jurusan Kimia  keluar sebagai juara 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN