Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Freelancer - Komunitas Pencinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Pencinta Film yang Hobi Nonton dan Nulis. Join Us: Facebook (KOMiK), Twitter (@komik_ksiana), dan Instagram (@KOMiK_Kompasiana).

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Nobar Jagaditta, Debut Film Pendek Komunitas KOMiK di Kompasianival Yuk!

2 Desember 2022   11:32 Diperbarui: 2 Desember 2022   19:39 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film pendek ini bisa kalian simak di Kompasianival secara cuma-cuma (dok. Kompasiana)


Tahun ini KOMiK kembali isi acara di Kompasianival. Jika biasanya KOMiK dikenal sebagai komunitas yang rajin mengisi rubrik film, kali ini KOMiK melebarkan sayap dengan memproduksi film pendek. Film pendek debut tersebut berjudul Jagaditta. 

Tentang Apa Sih Jagaditta?

Film Jagaditta mengusung pesan mencintai alam dengan cara masing-masing. Dikisahkan ada seorang pemuda yang merasa bersyukur alam di kampung halamannya belum banyak berubah. Masih ada sawah, hutan, dan juga pantai yang masih asri.meski hutan mulai dialihfungsikan pihak tertentu.

Ia ingin mengajarkan kepada generasi muda yang terpapar medsos untuk mencintai alam namun dengan cara yang unik. Alam sendiri memberinya banyak hal. Ia memberikan inspirasi seni. Alam adalah guru dan alam adalah sahabatnya.

Berikut video trailer-nya


Film ini baru tuntas menyelesaikan paska produksi pada akhir Juli lalu. Ada unsur lokal di dalamnya, salah satunya bahasa daerah yang biasa digunakan masyarakat Situbondo. Ya, latar dan lokasi syuting ini semuanya di Situbondo.

Film ini dibesut oleh Uwan Urwan, Kompasianer dan juga seniman lokal Situbondo.  Film ini juga menggandeng seniman lokal Situbondo yaitu Jefri Bagusp yang mengisi skoring dan tembang tema. Ia adalah seniman multiinstrumen yang bertalenta. 

Kru lainnya yang terlibat dalam film ini adalah Dewi Puspasari sebagai penulis naskah dan produser serta Achmad Humaidy, Linda Erlina, dan Noval Kurniadi sebagai asisten produksi. KOMiK juga bekerja sama dengan pentolan Bale Films, komunitas film Bogor, yaitu Agung Jarkasih di bagian editing. 

Film pendek ini bisa kalian simak di Kompasianival secara cuma-cuma. Detail sebagai berikut:

1. Hari dan waktu: Sabtu, 3 Desember mulai pukul 12.00 WIB (datang sebelum jam tersebut ya)

2. Lokasi: Community Lounge, Bentara Budaya Jakarta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun