Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Freelancer - Komunitas Pencinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Pencinta Film yang Hobi Nonton dan Nulis. Join Us: Facebook (KOMiK), Twitter (@komik_ksiana), dan Instagram (@KOMiK_Kompasiana).

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Pekan Ini Ada Festival Film Toleransi dan Festival Film Dokumenter, Gratis!

15 November 2022   17:16 Diperbarui: 15 November 2022   17:25 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Festival Film Dokumenter 2022 telah dimulai sejak tanggal 14 November (sumber gambar:FFD.or.id)

Festival film masih berlanjut. Pada pekan ini Kompasianer dan Komiker dapat menikmati Festival Film Toleransi 2022 di Jakarta dan Festival Film Dokumenter 2022 di Yogyakarta. Kedua festival ini menyajikan berbagai film yang menarik dan bisa menambah wawasan para sinefil,

Tahun ini merupakan gelaran tahun keenam Tolerance Film Festival. Festival  film ini ditujukan untuk merawat kebhinekaan di Indonesia. Ada sembilan film yang akan ditayangkan di festival ini yang dihelat 18-20 November 2022 di Auditorium IFI Jakarta. Film-film yang ditayangkan di antaranya The Scientist, Eyeless in Gaza,  A Radiant Girl, dan Papicha.

Selain film juga ada acara musik, diskusi, dan cerita foto. Semua acara terbuka untuk umum dan gratis. Kalian bisa langsung datang, maksimal 30menit sebelum pemutaran film.

Tolerance Film Festival 2022 dimulai 18 November (sumber gambar:Tolerance Film Festival)
Tolerance Film Festival 2022 dimulai 18 November (sumber gambar:Tolerance Film Festival)

Sementara itu Festival Film Dokumenter 2022 sudah diadakan sejak 14 November 2022. Acara pembukaan diadakan di Gedung ex Bioskop Permata dengan film pembuka adalah Fantasmagora (2020) tentang pertambangan yang terbengkalai. 

Tahun ini Festival Film Dokumenter diadakan secara luring setelah dua tahun sebelumnya diadakan secara hybrid. Total 57 film dokumenter yang diputar dari 18 negara. Film-film ini bisa disaksikan di tiga tempat, Gedung ex Bioskop Permata, Bioskop Sonobudoyo, dan IFI-LIP Yogyakarta pada 15-19 November 2022.

Ada dua program film yang terangkum dalam FFD  2022 yaitu Program Kompetisi dan Program Non-Kompetisi. Program Kompetisi sendiri meliputi International Feature-Length, Documentary Competition, Indonesia Feature-Length Documentary Competition, Short Documentary Competition, dan Student Documentary Competition. 

Sedangkan  Program Non-Kompetisi terdiri dari Program Perspektif (membahas mengenai collective memory), Program Lanskap (diskusi tentang diversitas dokumenter Indonesia), serta Program Spektrum (pertanyaan-pertanyaan seputar eksplorasi bentuk sebuah film dokumenter).  Juga ada forum diskusi berupa DOCTALK yang terbuka untuk umum dan DOC Forum yang bersifat terbatas.

Penonton pembukaan FFD 2022 (sumber gambar:FFD.or.id)
Penonton pembukaan FFD 2022 (sumber gambar:FFD.or.id)

Film-film yang diputar di FDD 2022 semuanya bisa diakses publik secara gratis. Tiket bisa diambil langsung di lokasi pemutaran. Jadwal film dan lokasi bisa dicek di laman FFD. 

Nah menarik kan festivalnya, gratis lagi, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun