Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Komunitas Pecinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Kompasianer Pecinta Film. Hobi Nonton, Nulis. Relax, Enjoy the Movie, and Write!\r\n\r\nJoin Us: Grup KOMiK

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Mau Ikut Jelajah dan Nobar Maraton "Bumi Manusia" dan "Perburuan"? Ikuti Tantangannya!

1 Agustus 2019   09:13 Diperbarui: 1 Agustus 2019   13:10 0 7 4 Mohon Tunggu...
Mau Ikut Jelajah dan Nobar Maraton "Bumi Manusia" dan "Perburuan"? Ikuti Tantangannya!
Yuk ikutan Jelajah dan Nobar Maraton KOMiK (sumber: haigrid)

Memperingati hari jadi komunitas Kompasianer Only Movie Enthus(i)ast Klub (KOMiK) yang ke-5, maka ada event seru yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus. Event spesial ini adalah Tur dan Nobar Maraton dua film hits sekaligus. 

Wuiih seperti apa ya acaranya? Tertarik ikutan? Oh iya untuk menjadi pesertanya, KOMiKers dan Kompasianer harus mengikuti tantangan yang kami berikan dulu. 

Omong-omong tahun ini adalah tahun yang istimewa bagi penggemar Pramoedya Ananta Toer. Dua novel terkenalnya, Perburuan dan Bumi Manusia dilayarlebarkan dan ditayangkan dalam waktu yang bersamaan pada bulan Agustus ini. Pemerannya adalah dua aktor muda yang berbakat yang sama-sama pernah meraih nominasi Piala Citra, yaitu Adipati Dolken dan Iqbaal Ramadhan.

Perburuan bercerita tentang Hardo, seorang tentara PETA yang menjadi salah satu pimpinan pemberontakan. Ia diburu tentara Jepang dan dianggap penjahat nomor satu, tapi jejaknya sulit dilacak. Hingga enam bulan kemudian pasukan yang memburunya masih bertangan hampa. Film ini dibintangi oleh Adipati Dolken dan Ayushita, serta dibesut oleh Richard Oh.

Minke jatuh hati pada Annelies| Dokumentasi Falcon Picture
Minke jatuh hati pada Annelies| Dokumentasi Falcon Picture
Sedangkan Bumi Manusia berkisah tentang sosok Minke. Ia seorang pribumi terpelajar dan revolusioner pada era kolonialisme Belanda. Ia jatuh hati pada Annelies, putri dari Nyai Ontosoroh dan Tuan Mellema. Pada saat itu menjadi seorang Nyai banyak dicibir. Konflik kemudian mendera Minke dan orang-orang di sekelilingnya. 

Apakah Minke dan Nyai Ontosoroh bakal diam dengan ketidakadilan di sekelilingnya? Film Bumi Manusia ini dibintangi Iqbaal Ramadhan yang berperan sebagai Minke, sementara karakter Annelies diperankan oleh Mawar Eva de Jongh, dan Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh. Filmnya disutradarai Hanung Bramantyo.

Berikut trailer masing-masing film tersebut


Sebelum menonton, KOMiK akan mengajak para peserta untuk melakukan jelajah cagar historis dan makan siang. Juga ada goodie bag bagi tiap peserta dan kuis berhadiah selama event berlangsung dengan hadiah menarik. 

Tertarik? Siapkan waktu sekitar minggu ketiga Agustus. Acaranya bakal diadakan di Jabodetabek seharian, sekitar delapan jam.

Lantas, bagaimana cara menjadi peserta?

  1. Agar bisa ikutan di event ini, Kalian harus ikut tantangan KOMiK. Tantangannya berupa tantangan menulis di Kompasiana: Cerita opini kalian tentang film Indonesia. Apa saja. Kalian bisa menulis tentang harapan menambah bioskop rakyat di daerah, film -film Indonesia yang patut ditonton, cerita sejarah yang cocok jadi film kolosal, dan sebagainya.
  2. Tantangan tersebut harus diberikan hastag berikut: #tantanganKomik #jelajahdannobarmaraton
  3. Waktu pelaksanaan tantangannya: 1-12 Agustus 2019

Nantinya keseruannya tidak berhenti di situ. Nantinya pada saat dan setelah hari H juga ada tantangan seru lainnya untuk mendapatkan berbagai hadiah dari KOMiK. Info detail tentang Jelajah dan Nobar Maraton akan diumumkan sekaligus dengan pengumuman pesertanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x