Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Komunitas Pecinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Kompasianer Pecinta Film. Hobi Nonton, Nulis. Relax, Enjoy the Movie, and Write!\r\n\r\nJoin Us: Grup KOMiK

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Yuk Lebih Kenal dengan KOMIK, Termasuk Cara Bergabungnya

5 Juli 2019   11:41 Diperbarui: 5 Juli 2019   12:09 0 6 1 Mohon Tunggu...
Yuk Lebih Kenal dengan KOMIK, Termasuk Cara Bergabungnya
Nobar Captain Marvel pada Maret 2019 (dok. KOMiK)

Pada saat Halal Bihalal Kompasianer di Puncak minggu lalu (28/6), mas Nurulloh berujar bahwa admin Kompasiana sering mendapat pertanyaan tentang komunitas, bagaimana cara bergabung, dan sebagainya. Sepertinya memang belum banyak netizen maupun Kompasianer sendiri yang mengenal dengan baik apa itu KOMiK, cara bergabungnya, dan apa saja agendanya. 

Oleh karenanya dalam artikel ini KOMiK yang memiliki kepanjangan Kompasianer Only Movie Enthus(i)ast Klub ingin memaparkan apa itu KOMiK dan rencana agenda ke depan.

KOMiK secara singkatnya merupakan komunitas yang didirikan dalam rangka mewadahi kompasianer yang hobi menonton. Oleh karena didirikan oleh Kompasianer, maka tentunya anggota KOMIk adalah yang suka menulis dan mencatatkan aktivitasnya berkaitan dengan dunia perfilman dalam bentuk artikel. 

Dalam perkembangannya, cakupan KOMiK meluas, perfilman di sini bukan hanya yang ditayangkan di dalam bioskop mainstream, tapi juga tempat menonton alternatif, serta juga dengan menggunakan media televisi, media alternatif seperti video on demand, perangkat streaming, dan sebagainya, juga pertunjukan live seperti pertunjukan teater.

Nobar Spider-Man di ScreenX (dok. Yogi)
Nobar Spider-Man di ScreenX (dok. Yogi)

Apa yang bisa ditulis dari aktivitas menonton. Oleh karena KOMiK menyandang istilah 'enthusiast', maka hal-hal yang bisa dibuat artikel itu banyak. Bukan hanya tentang ulasan film. Kalian juga bisa menulis tentang pesan tersirat dalam sebuah film, profil sutradara, dekripsi pekerjaan orang-orang di balik layar, hype tentang poster atau trailer film, lagu-lagu yang menghiasi film, atau harapan Kalian terhadap kemajuan film nasional. Ya, ada banyak hal yang bisa ditulis oleh movie enthusiast.

KOMiK sendiri didirikan pada Agustus 2014. Waktu itu mba Marintan Opungsu mengusulkan berdirinya komunitas ini ke mba Wawa yang waktu itu masih menjadi admin K. Tapi karena mba Marintannya sibuk sebagai pramugari maka tugas sebagai admin diserahkan ke Agung Han pada tahun 2015. Hingga akhir tahun 2016 Agung Han bekerja sendirian, hingga kemudian menggandeng Dina Mardiana dan Dewi Puspa mulai tahun 2017. 

Sejak itu aktivitas KOMiK makin beragam. Agenda nobar dan diskusi film semakin banyak hingga KOMiK meraih komunitas teraktif tahun 2017. Oleh karena agendanya banyak dan Dina kemudian bekerja di Perancis, maka Agung kemudian melamar Yogi sebagai admin. Admin KOMiK pun kembali menjadi trio.

Pada tahun 2018 Agung mulai mengurangi aktivitas ber-KOMiK sehingga kemudian mulailah KOMiK melakukan regenerasi. Hingga kini KOMiK memiliki lima admin, dengan dua admin baru, Noval Kurniadi alias Valka dan Linda Erlina. Dengan jumlah admin yang cukup dan solid maka kegiatan KOMiK makin variatif.

KOMiK sekarang dipunggawai lima admin. Ini kelima admin KOMiK yang biasa menemani Kalian nobar (dok KOMiK)
KOMiK sekarang dipunggawai lima admin. Ini kelima admin KOMiK yang biasa menemani Kalian nobar (dok KOMiK)
Nobar Mission Impossible dengan format 4DX (dok. Linda)
Nobar Mission Impossible dengan format 4DX (dok. Linda)
Nobar lagi (dok Agung Han)
Nobar lagi (dok Agung Han)
Layar Tancapan (dok. KOMiK)
Layar Tancapan (dok. KOMiK)
Nobar dan diskusi film bersama pembuat film indie (dok.KOMiK)
Nobar dan diskusi film bersama pembuat film indie (dok.KOMiK)
KOMiK sepanjang tahun 2018 telah mengadakan beragam screening, nobar di Perpusnas, mengirim wakil ke Festival Film Bandung, Tur Kuliner plus Nobar Film Bernafas Kulineran, "Aruna dan Lidahnya", serta mengadakan dua even penghargaan bagi KOMiKers yakni "KOMiKers Teraktif" dan "Movie Enthusiast". Penghargaan "KOMiKers Teraktif ditujukan bagi KOMiKers yang rajin mengikuti even KOMiK dan mendokumentasikannya dalam bentuk tulisan. 

Sedangkan "Movie Enthusiast" merupakan penghargaan bagi KOMiKers yang rajin mengupas segala hal tentang perfilman. Peraih penghargaan di antaranya Pak Taufik Uieks (2017) dan Siti Nurjanah (2018) sebagai "KOMiKers Teraktif" dan "Movie Enthusiast" kepada Yonathan Christanto (2018).

Nah, pada tahun 2019 KOMiK telah mengadakan even tematik tentang "Dilan 1991" dan "Captain Marvel". Setelah pada bulan puasa dan lebaran mengurangi kegiatan, maka pada bulan-bulan mendatang KOMiK akan mengadakan beragam even yang menarik, baik dilakukan KOMiK maupun yang akan menggandeng komunitas Kompasiana lainnya seperti Koteka, Click, dan Kapeka. Apalagi KOMiK akan berulang tahun pada bulan Agustus mendatang. Apa saja agenda KOMiK berikutnya, tunggu kabarnya.

KOMiK punya even penghargaan tahunan buat KOMIKers (dok KOMiK)
KOMiK punya even penghargaan tahunan buat KOMIKers (dok KOMiK)

Lantas bagaimana bergabung dengan KOMiK? Syaratnya mudah, Kalian tinggal menulis di K sebagai Kompasianer. Syarat berikutnya, pernah atau mau menulis tentang perfilman, kemudian pernah mengikuti even KOMiK baik yang online maupun offline. Oh ya KOMiK juga memiliki kanal media sosial, baik di facebook, twitter, dan instagram, seringkali even yang bersifat mendadak admin publikasikan di media sosial tersebut, terutama di facebook.

Apakah peserta even KOMiK wajib menulis di Kompasiana? Ini pertanyaan yang sering admin KOMiK  dapatkan. Sebagai komunitas yang lahir di Kompasiana tentunya ada hubungan timbal balik antara komunitas dan K. 

Memang tidak setiap even KOMiK mewajibkan untuk menulis, tapi sangat jarang terjadi. Nah, bagi yang cepat menulis, rajin menulis, dan tulisannya memiliki peningkatan kualitas maka admin KOMiK juga sering bermurah hati dengan memberikan prioritas untuk mengikuti even eksklusif dan nobar film-film keren  yang kuotanya terbatas.

KOMiK juga pernah diundang nobar di rooftop (dok. Dewi Puspa)
KOMiK juga pernah diundang nobar di rooftop (dok. Dewi Puspa)

Apabila Kalian punya gagasan tentang even atau memiliki komunitas perfilman di daerah yang ingin bekerja sama dengan KOMiK, maka tinggal layangkan ide tersebut ke email KOMiK.

Just Relax and Enjoy the Show!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x