Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bola Pilihan

Kiper Cadangan Atalanta Positif Corona dan Catatan Kematian di Italia Tertinggi

25 Maret 2020   16:10 Diperbarui: 25 Maret 2020   16:11 27 1

Sejauh ini lebih dari 6.000 orang telah meninggal di Italia akibat tertular virus Corona/Covid-19 tertinggi di dunia, dan kompetisi Serie A telah ditangguhkan setidaknya hingga 3 April mendatang.

Wilayah Lombardia di Italia bagian utara adalah wilayah yang paling parah terdampak virus corona, dengan angka kematian 3.095 atau sekitar 64% dari total kematian di Italia. Selain itu salah satu kota yang berdekatan dengan Lombardia, Bergamo pun menjadi pusat penyebaran terbesar virus corona di negara itu.

Bahkan pemerintah Italia sampai mengirim kendaraan militer untuk membawa jenazah yang meninggal dari kota tersebut karena terpapar virus corona.

Di Bergamo ini terdapat salah satu klub Serie A, yang penampilannya sedang moncer baik di kompetisi domestik maupun di Liga Champions, Atalanta BC. Usai diterjang virus Corona kota ini lumpuh tidak ada lagi kemeriahan suporter yang merayakan pesta kemenangan Atalanta.

Atalanta tengah menikmati musim yang sukses, mereka berada di urutan keempat di Serie A dan telah mencapai perempat final Liga Champions setelah mengalahkan Valencia di babak 16 besar.

Sebelumnya diberitakan di laman football Italia bahwa laga Atalanta vs Valencia pada Februari 2020 lalu menjadi awal dari penyebaran virus corona yang cukup masif di Italia.Tercatat sekitar 44 ribu orang lebih memadati pertandingan tersebut yang digelar di Stadion San Siro, Milan.

Pasalnya, sepulang dari pertandingan tersebut klub Valencia telah mengumumkan bahwa beberapa pemainnya terkena virus Corona. Kini giliran klub yang memiliki jersey biru hitam itu, tepatnya pada hari Selasa (24/3) waktu Italia. Atalanta merilis pernyataan yang mengatakan bahwa salah satu pemainnya terpapar virus Corona. Dia adalah Kiper cadangan Marco Sportiello telah menjadi pemain Atalanta pertama yang dites positif terkena virus corona.

Pemain berusia 27 tahun itu, yang telah membuat enam penampilan di semua kompetisi musim ini, sebelumnya tidak menunjukkan gejala apa pun. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh klub pada Selasa malam waktu setempat mengatakan: "Dengan ini kami memberitahukan bahwa otoritas kesehatan lokal telah memberi tahu hari ini kepada klub, bahwa Marco Sportiello positif terinfeksi Covid-19."

"Marco saat ini tidak menunjukkan gejala. Sebelumnya ia dan semua anggota tim lainnya tengah dikarantina dan akan berakhir pada 27 Maret 2020," lanjut pernyataan klub tersebut.

Selain menjadi pemain pertama Atalanta yang positif virus Corona, Sportiello menambah daftar pemain Serie A yang yang terinfeksi virus tersebut. Saat ini sudah ada 15 pemain yang sedang dalam pemantauan dan mengisolasi diri.

Sampdoria menjadi tim yang paling menderita dengan 6 pemain yakni Manolo Gabbiadini, Albin Ekdal, Antonino La Gumina, Morten Thorsby, Fabio Depaoli, dan Bartosz Bereszynski. Lalu, ada tiga pemain Juventus yakni Daniele Rugani, Blaise Matuidi, dan Paulo Dybala.

Fiorentina memiliki tiga kasus Covid-19 yaitu Dusan Vlahovic, Patrick Cutrone, dan German Pezzella. Sisanya, ada Mattia Zaccagni (Hellas Verona), Daniel Maldini (AC Milan), dan Marco Sportiello (Atalanta) termasuk juga Legenda AC Milan, Paolo Maldini.

Sportiello merupakan salah satu pemain yang berasal dari produk akademi Atalanta, namun perjalanan karirnya tidak mulus berjalan mulus bersama klub berjulukan La Dea. Ia sempat bermain untuk Seregno, Poggibonsi dan Carpi.

Usai berpetualang akhirnya dia kemudian kembali ke klub masa kecilnya itu, pada tahun 2013, dan sejak itu ia telah membuat 92 penampilan untuk klub. Menjadi pilihan utama di musim 2014-15 dan 2015-16 dan juga sempat dipinjamkan ke Fiorentina dan Frosinone di musim lalu. 

KEMBALI KE ARTIKEL