Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19

5 Mei 2021   08:24 Diperbarui: 5 Mei 2021   08:35 143 1
Virus Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia pada bulan Mei 2020. Yang menyebabkan perubahan drastis terhadap Indonesia disegala bidang, salah satunya bidang pendidikan.


Perubahan tersebut dapat dilihat dari metode belajar mengajar, dimana sebelumnya proses pembelajaran melalui luring (luar jaringan/ offline) namun sekarang melalui daring (dalam jaringan/ online).


Pembelajaran daring dilakukan bertujuan untuk menghapus mata rantai wabah virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.


Namun metode pembelajaran daring tentunya memiliki kendala seperti pelajar yang menjadi jenuh saat proses pembelajaran, hal ini terjadi karena banyaknya tugas yang diberikan selain itu mereka tidak bisa keluar rumah saat pandemi sekarang.


Kendala lainnya terletak pada pembiayaan seperti, adanya pelajar yang tidak memiliki handphone atau tidak memiliki uang untuk membeli kuota. Tercatat angka putus sekolah di Indonesia meningkat saat pandemi sekarang yang disebabkan oleh masalah biaya.


Selain itu kendala jaringan, ini disebabkan daerah lingkungan rumah pelajar sulit terjangkau oleh jaringan internet. Hal tersebut mengakibatkan pelajar sulit untuk memahami materi pembelajaran karena ketertinggalan materi pembelajaran.


Kendala-kendala diatas merupakan bukti bahwa tidak efektifitasnya metode pembelajaran daring ini. Efektifitasnya metode pembelajaran daring tidak hanya ditentukan oleh guru tetapi juga orangtua.


Namun terkadang orangtua tidak bisa menemani anaknya saat belajar. Karena kesibukan para orangtua untuk bekerja demi biaya hidup.


Ini menjadi alasan penulis untuk membantu khususnya siswa SD didaerah tempat tinggal penulis melalui kegiatan bimbingan belajar. Karena siswa SD masih membutuhkan bimbingan dalam proses belajar.


Kegiatan bimbingan belajar ini direspon baik oleh para orangtua, karena selain kesibukan orangtua bekerja ada juga orangtua yang tidak mengerti pelajaran anaknya.


Anak-anak tersebut juga merespon baik karena ada yang membimbing mereka saat belajar sehingga tidak ketinggalan pelajan. Selain itu proses pembelajaran tidak menjadi jenuh karena mereka bisa belajar bersama teman-teman mereka.


"Makasi ya kak udah mengadakan kegiatan bimbingan belajar ini, dengan kegiatan ini anak ibu gak ketinggalan pelajaran disekolah. Ibu gak bisa membimbing anak ibu dalam belajar online ini. Karena ibu gak ngerti pelajarannya,ibu aja gak tamat SD." Ucap salah satu orangtua siswa.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun