Mohon tunggu...
KOMENTAR
Diary Pilihan

Latepost Kuliner Jogja

27 Juli 2022   08:30 Diperbarui: 27 Juli 2022   08:37 103 8


Orang sudah antri bak ular, di warung gudeg Mbok Lindu. Saya pun kikuk melihatnya. Sampai sebegitunya orang Jogja kepingin gudeg.

Katanya itu gudeg paling orisinil, yang masih mempertahankan taste tradisional gudeg, sebagaimana mesti. Selain gudeg, orang merindukan dan membeli orisinalitas.

Setali tiga uang, dengan berjubel orang, wara wiri di sepanjang Malioboro hingga kraton Jogja. Hanya ingin melihat, epos--kejayaan Mataram dan artefak yang masih kokoh.

Di tengah alam demokrasi itulah, masyarakat menyingkap nostalgia pada monarki. Toh, orisinalitas keindonesiaan kita, tumbuh dari monarki, lalu dipantik oleh kolonialisme dan semangat nation state.

Bila kini orang merindukan meme Orba, "enak jaman ku toh?" pertanda, eksposur pemerintahan absolut, menjadi akar DNA kebangsaaan kita yang lahir dari monarki. Maka nostalgia padanya (monarki), adalah orisinalitas, sebagaimana orang merindukan keaslian gudeg Mbok Lindu.

Sepanjang hotel Malioboro Palace, aneka kuliner kaki lima digelar. Tak luput nasi kucing dan sate puyuh dan varian lauknya yang mendominasi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan