Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud & Agama

Gotong Royong Hadapi Pandemi Covid-19

12 Juni 2021   18:12 Diperbarui: 12 Juni 2021   18:22 58 1

Sebagai seorang makhluk sosial, kita memiliki tetangga. Kita harus hidup rukun dengan tetangga. Kita harus melakukan kerja sama. Kerja sama sering disebut dengan gotong royong. Gotong royong merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

Suatu pekerjaan jika dilakukan dengan bekerja sama tentu membuat beban pekerjaan menjadi lebih ringan dan lebih cepat selesai. Hal ini sesuai dengan pengamalan pancasila ketiga Pancasila. Dengan bergotong royong akan menambah rasa persatuan bangsa Indonesia.

Marilah kita semua menghargai bentuk perbedaan dalam masyarakat, baik dalam suku, ras, dan agama. Saatnya kita bersatu, bekerja sama untuk menghadapi pandemi Covid-19. Bekerja sama, satu dengan yang lainnya. Saat ini masyarakat sudah membuktikannya dengan menunjukkan rasa kepedulian dan soladaritas yang tinggi antartetangga, agar penyebaran virus corona ini bisa dikendalikan.

Saat ini pemerintah telah menetapkan sejumlah aturan, salah satunya adalah larangan mudik. Pemerintah juga memberikan perintah atau arahan untuk menggunakan masker, tetap di rumah, jaga jarak, dan selalu mencuci tangan.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah ketertiban atau kepatuhan masyarakat. Serta peran pemerintah dalam mendorong dan memberi semangat kepada masyarakat agar senantiasa menggerakkan protokol kesehatan.

di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini belum berakhir, masyarakat diimbau agar tidak berpergian jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Kecuali jika untuk mencari nafkah dan menghidupi keluarga, yang menuntut kita untuk keluar rumah.

Bagi mereka yang terpaksa keluar rumah, harus pandai memperhatikan kesehatan diri, dan selalu menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

KEMBALI KE ARTIKEL