Mohon tunggu...
KOMENTAR
Makassar

Sosialisasi Kanker oleh YKKI pada lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang

5 September 2022   15:41 Diperbarui: 5 September 2022   15:41 133 1

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang bersama Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) menggelar acara Sosialisasi kanker bertempat di aula Distanhorti, Senin(05/09/2022).

Sosialisasi penyakit kanker yang waktu pelaksanaannya bertepatan dengan acara arisan Dharma Wanita Persatuan ini juga ikut dihadiri oleh seluruh Pejabat dan Staf lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang.

Sebagai salah satu dari beberapa jenis penyakit tidak menular, kanker menurut WHO menjadi penyebab utama kematian diseluruh dunia. Mengutip laporan Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO), jumlah kematian akibat kanker di indonesia pada tahun 2020 mencapai 234.511 orang.

Menurut ketua Dharma Wanita Persatuan Distanhorti, Andi Mirani saat membuka acara mengatakan bahwa sosialisasi penyakit kanker ini adalah untuk menambah.pengetahuah tentang apa itu penyakit kanker dan tumor.

"Saya sengaja mengundang teman-teman dari Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia ini ke acara arisan dengan harapan agar kita semua bisa mengetahui secara detail tentang penyakit kanker dan tumor." katanya.

Lebih lanjut. Andi Mirani menjelaskan bahwa kanker menyerang tanpa peduli jenis kelamin, olehnya itu perlu mendeteksi secara dini gejala penyakit ini. Karna penyakit ini bisa menyerang siapa saja, maka mencegah menjadi cara yang terbaik daripada mengobati.

Menyinggung kenaikan harga BBM, ketua DWP yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP mengingatkan kepada ibu-ibu Dharma Wanita untuk bisa menyesuaikan pengeluarannya atau mampu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan, karna kenaikan harga BBM biasanya akan diikuti dengan kenaikan Sembako.

Sri Devianti, salah satu narasumber dari Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia mengatakan bahwa Penyakit kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya perubahan sel dari normal menjadi abnormal. Sel abnormal ini bisa berkembang tanpa kendali dan memiliki kemampuan untuk menyerang dan berpindah antar sel dan jaringan tubuh.

"Kanker menjadi penyakit yang perlu diwaspadai oleh kita semua, dan pola hidup sehat menjadi cara termudah untuk mencegahnya." Tutupnya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan