Mohon tunggu...
KOMENTAR
Hiburan Pilihan

Tua-tua Keladi, Ini 5 Fakta Silvers Rayleigh "The Dark King"

2 Mei 2021   09:33 Diperbarui: 2 Mei 2021   09:50 9563 37

Manga One Piece adalah salah satu manga yang tidak pernah luput dari perhatian para penggemar manga. Meskipun sudah berlangsung selama puluhan tahun, kelanjutan manga One Piece tetap digilai dan dinantikan setiap Minggunya.

Selain karena kecerdasan sang kreator One Piece, Eiichiro Oda, yang membuat banyak plot hole menarik, ada banyak alasan lain mengapa manga One Piece memiliki tempat tersendiri di hati para fans.

Salah satu alasan utama yang membuat fans tertarik adalah karena cerita One Piece yang sangat sebab didukung oleh jumlah karakter yang sangat banyak pula. Di tahun 2019 yang lalu, seorang pengguna Reddit mengklaim bahwa ada total 1.094 karakter yang muncul dalam cerita One Piece semenjak pertama kali tayang di tahun 1997.

Di antara ribuan karakter tersebut, ada salah satu sosok menarik yang informasi tentang dirinya belum terlalu dijabarkan secara detail oleh Oda Sensei, terutama kekuatannya aslinya. Ya sesuai judul, orang tersebut adalah Silvers Rayleigh, The Dark King.

Informasi yang kita ketahui tentang Rayleigh saat ini adalah ia merupakan salah satu kru mantan raja bajak laut Gol D. Roger. Namun tak hanya sekedar kru biasa, Rayleigh juga adalah tangan kanan dari Roger, sekaligus orang pertama yang direkrut oleh Roger.

Silvers Rayleigh di era saat ini berusia 78 tahun, dan bisa disebut salah satu karakter tertua dalam cerita One Piece. Ia lebih tua dari Whitebeard (72 tahun) dan Roger (77 tahun). Rayleigh cenderung santai dan mempertimbangkan sesuatu secara matang sebelum mengambil keputusan.

Rayleigh juga diketahui telah menikah dengan Shakky pada Arc Sabaody yang lalu. Selain itu, Rayleigh pun dijuluki The Dark King alias sang Raja Kegelapan, meski belum ada yang tahu pasti darimana asal usul julukan tersebut.

Selain beberapa informasi di atas, ada beberapa informasi menarik lain seputar kakek penyuka miras ini. Berikut 5 fakta menarik mengenai Silvers Rayleigh yang sudah diketahui:

1. Setara dengan 100 Orang Supernova

Pertama, terungkap bahwa kekuatan Rayleigh yang berada di usia 78 tahun, setara dengan 100 orang Supernova. Meski tidak diinformasikan melalui pertarungan, namun informasi ini bisa dipercaya sebab kita ketahui dari orang terdekat Rayleigh.

Ya, adalah Shakky yang menyatakan kepada Luffy dan kawan-kawan, kalau kekuatan suaminya tersebut setara dengan 100 orang Supernova, sehingga mereka tak perlu mengkhawatirkan Rayleigh.

Bayangkan saja teman-teman, di usianya yang sudah tak muda lagi, ia diklaim setara dengan 100 orang Supernova. Bagaimana Rayleigh di usia emasnya, ketika fisiknya masih prima? Apakah di masa lalunya, kekuatan Rayleigh setara dengan 1.000 orang Supernova?

Dengan kekuatan segila itu, menurut saya Rayleigh di masa lalu sebenarnya bisa saja menjadi seorang Yonkou bila dirinya memang mau, namun ia lebih memilih mengikuti Roger. Apakah teman-teman sepakat?

2. Guru dari Monkey D. Luffy

Fakta menarik Rayleigh lainnya adalah ia merupakan seorang guru dari karakter utama dalam serial One Piece, yakni Monkey D. Luffy. Diketahui, Rayleigh melatih Luffy selama kurang lebih 1,5 tahun lamanya.

Namun, Rayleigh bukan sembarang guru, ia merupakan guru terbaik yang pernah melatih Luffy sekaligus guru yang paling signifikan meningkatkan kemampuan Luffy. Sebagai informasi, beberapa orang yang dikonsiderasikan sebagai gurunya Luffy adalah Monkey D. Garp, Dadan, Charlotte Katakuri, dan Hyogoro the Flower.

Kekuatan Luffy yang sekarang, tak lepas dari campur tangan Rayleigh. Hal itu sebab, Rayleigh lah orang yang mengajarinya ketiga jenis Haki, serta membantu Luffy mengasah kemampuan Hakinya tersebut.

Benar saja, setelah masa timeskip (masa latihannya Luffy dengan Rayleigh), kekuatan Luffy meningkat drastis, hingga diakui sebagai kaisar laut (Yonkou) kelima. Semuanya berkat jasa dan campur tangan dari Silvers Rayleigh.

3. Penguasa Ketiga Jenis Haki

Sebagai orang yang mengajari ketiga jenis Haki kepada Luffy, Rayleigh sendiri tentunya menguasai ketiga jenis Haki tersebut. Mulai dari Haoshoku Haki, Busoshoku Haki, hingga Kenbunshoku Haki, semuanya dikuasai Rayleigh dengan sempurna.

Bahkan, Rayleigh tidak hanya menguasai Haki tersebut, namun ketiga jenis Haki Rayleigh ini sudah berada di level advance alias level tinggi.

Untuk Haoshoku Haki, Rayleigh pernah memperlihatkan sekuat apa Haki Raja miliknya tersebut di Arc Sabaody. Sekelas Kid, Law, Zoro, dan Sanji pun sampai berkeringat ketika merasakan aura Haoshoku Haki dari kakek 78 tahun ini.

Sementara untuk Busoshoku Haki (Ryuo) dan Kenbunshoku Haki tingkat tinggi, juga pernah diperlihatkan secara gamblang ketika dipraktekan Rayleigh kepada seekor gajah raksasa, guna memberikan demonstrasi kepada Luffy.

4. Mampu Mengimbangi Seorang Admiral

Fakta keren Silvers Rayleigh lainnya adalah meski sudah mencapai usia 78 tahun, ia mampu mengimbangi salah satu admiral angkatan laut, yakni Borsalino alias Kizaru.

Hebatnya, Kizaru ini juga merupakan pengguna devil fruit Pika Pika no Mi, yang membuat Kizaru bisa bergerak dengan kecepatan cahaya. Jadi, mengimbangi Kizaru terutama dari segi kecepatan merupakan hal yang sangat sulit, apalagi Rayleigh tak memakan buah iblis apapun, namun nyatanya Rayleigh mampu hal tersebut.

Poin ini juga yang memperkuat hipotesis saya di poin pertama sebelumnya, kalau dengan kekuatan yang segila ini di masa tuanya, bisa jadi di masa keemasan Rayleigh dahulu, ia dapat menjadi seorang Yonkou bila ia benar-benar mau.

5. Memiliki Bounty yang Masih Aktif

Layaknya bajak laut lainnya, ternyata Rayleigh masih memiliki bounty yang aktif kendati sudah lama memutuskan pensiun sejak kaptennya, Gol D. Roger dieksekusi mati oleh pemerintah dunia.

Meski demikian, nyatanya tak ada pasukan angkatan laut yang berani dekat-dekat, apalagi mencoba menangkapnya. Rayleigh pun sejatinya tak mencoba bersembunyi, melainkan ia dengan santainya melakukan hal yang ia mau. Ya, hal itu karena ia pede dengan kekuatannya.

Hal ini terbukti dari perkataan Garp, yang sebenarnya mengetahui keberadaan Rayleigh sedari dahulu dari informannya, namun ia memilih membiarkan Rayleigh berkeliaran. Garp juga memilih tidak ikut campur perihal Rayleigh, karena akan ada banyak korban dari pihak angkatan laut apabila mencoba menangkap Rayleigh tanpa persiapan yang matang.

Yup, ucapan Garp ini memang tepat. Rayleigh yang tidak fokus benar saja bisa meng-handle Kizaru seorang diri. Jadi menurut saya, diperlukan setidaknya 2 orang Admiral untuk menangkap seorang Silvers Rayleigh.

***

Nah, itulah 5 fakta menarik Silvers Rayleigh yang kita ketahui sejauh ini. Tentu menarik menyaksikan sekuat apa kekuatan asli Silvers Rayleigh ini di masa keemasannya. Semoga bermanfaat.

KEMBALI KE ARTIKEL