Mohon tunggu...
KOMENTAR
Hiburan Pilihan

Review Boruto Chapter 55: Kurama Akan Hidup Lagi, Code Villain Utama?

21 Februari 2021   11:02 Diperbarui: 21 Februari 2021   12:59 4615 34

Manga Boruto chapter 55 yang terbit tanggal 19 Februari 2021 yang lalu benar-benar membuat emosi para fans bercampur aduk, sedih, senang, penasaran, semuanya ada di manga Boruto chapter 55 ini. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita bahas tuntas chapter keren yang satu ini.

Manga Boruto chapter 55 ini diberi judul "Legacy", yang dalam bahasa Indonesia berarti sesuatu yang diwariskan. Chapter 55 kali ini menampilkan wajah garang Code sebagai cover.

Panel dibuka dengan menampilkan sosok Uzumaki Naruto yang sedang berada di alam bawah sadarnya. Disitu ditampilkan pula sosok Kurama yang duduk manis layaknya binatang peliharaan pada umumnya. Naruto dan Kurama berbincang mengenai masa depan Desa Konoha yang akan ditinggal oleh Naruto, karena Naruto mengira ia akan meninggal akibat penggunaan Baryon Mode.

Namun, Kurama menjelaskan bahwa Naruto saat ini hanya pingsan karena shock dan akan bangun tak lama lagi. Kurama menjelaskan, bahwa Baryon Mode harus dibayar bukan menggunakan nyawa Naruto, melainkan nyawa Kurama. Kurama paham betul apabila ia mengatakan yang sejujurnya, Naruto takkan mau menggunakan Baryon Mode tersebut.

Banyak fans yang akhirnya berlinang air mata dan tak rela Kurama kesayangan mereka harus mati. Namun, saya justru kagum dengan alur cerita yang seperti ini. Ya, Naruto memang harus dilemahkan atau dibuat mati, guna membuat karakter utamanya, Uzumaki Boruto berkembang.

Saya harus mengakui, bahwa membuat Kurama mati dapat secara langsung membuat Boruto berkembang, tanpa ditinggalkan atau dibenci fans Naruto. As expected from The Genius Masashi Kishimoto Sensei.

Kembali ke topik, sebelum menghilang sepenuhnya, Kurama berpesan kepada Naruto bahwa ia kini tak lagi memiliki kekuatan super, jadi ia kini harus berhati-hati dan tidak boleh terlalu memaksakan dirinya, atau ia akan segera menyusul Kurama.

Saya sepakat dengan perkataan Kurama ini. Tanpa Kurama, Naruto kini tak bisa lagi nge-spam jurus Taju Kagebunshin no Jutsu andalannya, karena bisa-bisa ia pingsan atau bahkan mati gara-gara kehabisan chakra. Sama halnya dengan jurus Rasengan dan jurus Naruto lainnya.

Panel manga kemudian menunjukan Kurama berkata kepada Naruto: "Hingga saat itu tiba, jaga dirimu baik-baik, Naruto". Apakah hanya saya yang menganggap kata-kata Kurama ini mengindikasikan sesuatu?

Ya, seperti yang tertera di judul, firasat saya Kurama sedang memberikan petunjuk bahwa ia tidak akan mati untuk selamanya. Kurama berkata "Hingga saat itu tiba", berarti suatu saat nanti Kurama akan hidup kembali. Namun, apakah ia masih akan berada di tubuh Naruto atau tidak, itulah yang patut kita nantikan.

Setelah mengatakan hal tersebut, Kurama pun menghilang sepenuhnya, sementara Naruto kembali sadar dari pingsannya. Naruto disambut pelukan dari Boruto yang khawatir setengah mati kepada ayahnya. Kawaki dan Sasuke pun menunjukan wajah lega melihat Naruto baik-baik saja.

Sasuke kemudian menyadari bahwa Kurama telah mengorbankan nyawanya demi Naruto. Ia kemudian meminta Boruto membuka portal dimensi untuk kembali ke Konoha seperti kata Kawaki, sebab kini Sasuke tak lagi bisa menggunakan Rinnegan miliknya, karena sudah hancur ditusuk oleh Boruto yang sedang dikendalikan Momoshiki.

Adegan kemudian berpindah menunjukan sosok Code yang sedang tertidur sehabis menjaga Juubi buatan milik Isshiki. Code lalu kembali berbaring sambil melihat telapak tangannya.

Di telapak tangan Code terlihat sebuah segel karma berwarna putih. Prediksi fans bahwa Code adalah wadah yang gagal pun benar terbukti, setelah Code sendiri mengatakannya di chapter ini.

Tiba-tiba, sosok Isshiki muncul dari telapak tangan Code. Isshiki mengatakan bahwa hanya karma Code yang tersisa dan Code harus melanjutkan tekad seorang Otsutsuki. Namun Code bingung, sebab ia bukan seperti Kawaki dan tak dapat menjadi wadah untuk Isshiki.

Namun Isshiki menjelaskan bahwa karma putih milik Kawaki adalah warisan untuknya yang berupa kekuatan murni Isshiki beserta tekad seorang Otsutsuki. Code lantas secara gamblang bertanya apa yang harus ia lakukan.

Isshiki menyuruh Code mengorbankan Kawaki atau Boruto kepada Juubi, lalu memakan buah chakra yang dihasilkannya. Dengan begitu, Code akan menjadi seorang Otsutsuki yang baru.

Isshiki juga meminta Code mengonsumsi planet demi planet, agar ia terus berevolusi dan akhirnya menjadi Tuhan di alam semesta, itulah tekad seorang Otsutsuki. Code pun mengiyakan sembari bertanya siapa yang sudah membunuh Isshiki, agar ia bisa membalas dendam kepada mereka.

Scene kemudian kembali lagi menunjukan Naruto, Sasuke, Kawaki, dan Boruto. Terlihat Boruto sedang mencoba membuka portal dimensi dengan menggunakan segel karma namun gagal sebab tubuhnya kaku sebagaimana dikatakan Kawaki.

Boruto kaku sebab ia takut apabila ia menggunakan kekuatan karmanya lagi maka Momoshiki akan bangkit. Kawaki pun menyatakan bahwa ia akan membantu Boruto menghilangkan karma miliknya, sebagaimana Boruto juga membantu Kawaki menghilangkan karmanya.

Dengan sedikit provokasi dan bantuan Kawaki, akhirnya Boruto mampu membuka portal dimensi untuk pulang ke Konoha. Di Desa Konoha, mereka sudah ditunggu Shikamaru, Sumire, dan Profesor Katasuke, yang sebelumnya terlihat mencurigai Amado.

Ya, kecurigaan mereka memang sangat wajar sebab Amado adalah orang yang licik dan tidak mungkin ia mau membelot ke Konoha kalau tidak ada yang diinginkannya dari Konoha. Dan disini Sumire dan Prof. Katasuke sepertinya sudah mulai menganalisa situasinya.

Sumire bertambah curiga kepada Amado setelah ia lega mengetahui Kawaki baik-baik saja. Nah, apakah rencana Amado datang ke Desa Konoha ada kaitannya dengan Kawaki? Belum bisa dipastikan, namun klu jelas mengarah kesana setelah pernyataan Amado tersebut.

Scene lalu menunjukan Naruto, Sasuke, Kawaki, dan Boruto yang sudah mendarat di atap kantor Hokage. Mereka lega dapat kembali pulang. Kawaki memuji Boruto dengan sedikit provokasi, Boruto lalu berkata ia merasa dapat melakukan apapun bila bersama Kawaki. Wahh, mungkinkah bromance Boruto dan Kawaki mengalahkan Naruto dan Sasuke? Hmmm..

Di panel terakhir, terlihat Code sedang menyebut nama Kawaki, Si Pengkhianat Amado, Sasuke Uchiha, Hokage Uzumaki Naruto, dan wadah dari Momoshiki, Uzumaki Boruto. Nama-nama tersebut kemungkinan adalah nama yang diberitahu Isshiki kepada Code ketika ia bertanya siapa yang sudah membunuh Isshiki.

Dengan ini, apakah Code akan menjadi villain utama dalam cerita Boruto saat ini? Dan apakah Amado merupakan sekutu atau malah musuh dalam selimut? Entahlah, namun untuk sekarang kita para fans bisa bernafas lega, sebab Naruto tidak jadi mati dan Kurama akan hidup lagi suatu hari nanti.

KEMBALI KE ARTIKEL