Mohon tunggu...
KOMENTAR
Media

Sex Sells: Bahkan untuk Artikel di Kompasiana (?)

7 November 2009   00:02 Diperbarui: 26 Juni 2015   19:25 892 0

Nulis ini karena bingung dengan postingan dua blogger di Kompasiana-Ekonomi. Namanya pak Edy F Sinaga dan Ibu Laili Nurafriyanti. Keduanya posting mengenai "bailout bank Century, (anda) setuju atau tidak?". Pak Edy menulis tanggal 2 November 2009 (Pengambilalihan PT bank Century Tbk: anda setuju atau tidak) diprofil ditulis akuntan, umur 51 tahun tinggal di Jakarta dan Jogja; ditanggapi oleh 6 orang. Ibu Laili Nurafriyanti menulis tanggal 6 November 2009 (Pengambilalihan Century) tidak terlalu jelas profilnya kecuali tag "di penjara aku santri dst", ditanggapi oleh 13 orang. Tulisan mereka berdua sama isinya.

Tapi, yang membedakan, komentator Ibu Layli banyak muji2, kebanyakan cowok, dan lebih "ramah" (pake akhiran.."salam kenal"...; tapi tidak ada yang "ramah" gitu di postingannya Pak Edy). Lepas dari postingan kembar (kenapa bisa gitu, gimana "aturan main di Kompasiana", dst), saya "amused" melihat respon yang berbeda untuk tulisan Pak Edy dan Ibu Laili. Sex sells orang bilang.

Kalo postingan pak Edy menampilkan foto secakep "George Clooney" mungkin yang nanggapin banyak dari cewek2 (...kapan kopi darat Pak Edy...)... Tapi karena foto yang ditampilkan biasa2 saja (mungkin itu juga bukan fotonya yang sebenarnya loo)...ya komentator tulisan Pak Edy nggak banyak; dan nggak banyak yang jadi "teman"...Saya jadi ingat Dustin Hoffman di "Tootsie".... Di dunia maya orang bisa jadi apa saja..Edy atau Laili....

KEMBALI KE ARTIKEL