Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

10 Makanan untuk Perlambat Penuaan

3 Oktober 2015   14:30 Diperbarui: 29 Oktober 2015   19:16 243 1

Berikut ini 10 Makanan yang akan membantu memperlambat proses penuaan :

  1. Buah alpukat - Alpukat merupakan sumber lemak sehat, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Alpukat adalah buah lezat yang kaya akan vitamin E, dimana yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan sel-sel kulit . Kandungan kalium dalam alpukat juga akan mencegah kelebihan cairan dan tekanan darah tinggi.
  2. Buah berrie - Kelompok buah beri seperti Blackberry, blueberry, stroberi dll,  serta buah anggur hitam, apel, plum, dll mengandung senyawa flavonoid yang dikenal dengan antioksidan. Flavonoid ini sangat berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab penuaan dini kulit.
  3. Kacang kenari - Berbagai jenis kacang merupakan sumber serat, terutama mineral dan lemak sehat. Kenari kaya akan kalium, magnesium, besi, seng, tembaga, dan selenium. Makan kenari bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang pada akhirnya membantu kesehatan kulit dan mencegah pembentukan kanker kulit.
  4. Buah semangka - Daging dan biji buah semangka kaya akan nutrisi yang bermanfaat. Jadi, jika Anda membuat jus semangka, janganlah dibuang bijinya. Daging semangka mengandung vitamin A , B , dan C , sementara pada bijinya mengandung selenium, asam lemak esensial, seng, dan vitamin E. Semua senyawa ini akan melindungi sel tubuh kita dari kerusakan radikal bebas, yang pada akhirnya akan membantu mencegah proses penuaan.
  5. Bawang putih - Bawang putih banyak digunakan untuk bahan berbagai macam produk perawatan kulit dan rambut, karena fungsi antioksidan yang terkandung didalamnya. Semakin kuat bau bawang, maka semakin baik pula kemampuannya untuk melawan penuaan dini. Selain itu, bawang putih juga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung, kanker, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Baca juga tentang Khasiat dan manfaat bawang putih bagi kesehatan
  6. Ikan - Minyak ikan terkenal mengandung asam lemak omega – 3 yang tinggi, yaitu yang dapat meningkatkan mood Anda menjadi bahagia sepanjang hari. Asam lemak juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sel otak, ketahanan tubuh dan kesehatan kulit. Ikan Salmon dan tuna adalah dua jenis ikan terbaik yang banyak mengandung omega 3.
  7. Tomat - Warna merah tomat adalah disebabkan oleh senyawa yang disebut dengan lycopene. Namun Tomat yang sudah diolah lebih baik daripada tomat yang masih segar dalam hal lycopene, karena akan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya likopen bisa mengurangi risiko ikanker kandung kemih, paru-paru, prostat, kulit, perut, dan usus.  Sementara itu lycopene dan antioksidan vitamin C dalam tomat juga bermanfaat untuk membantu menunda penuaan kulit.
  8. Air putih - Air putih sangat diperlukan oleh tubuh agar tidak mengalami dehidrasi, sehingga kulit tidak tampa kering dan kusut. Selain itu, Minum delapan gelas air sehari untuk orang dewasa juga sangat penting untuk mempercepat keluarnya racun dan sisa sisa metabolisme dari tubuh. Dengan demikian minum air putih yang cukup akan sangat membantu sekali dalam menunda kulit cepat keriput.
  9. Dark Chocolate - Dark chocolate adalah cokelat yang lebih tinggi mengandung kakao, sehingga rasanya sedikit agak pahit. Dark cocholate juga kaya akan antioksidan flavonoid, yang akan membantu menjaga kesehatan dengan cara menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit ginjal, hipertensi, meningkatkan kekuatan otak,  dan mencegah platelet menggumpal. Coklat hitam yang mengandung kakao minimal 70 % bermanfaat memperbaiki sel kulit, dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.
  10. Jahe - Jahe adalah rempah yang telah lama dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Jahe diketahui mengandung banyak jenis antioksidan kuat, yang berguna untuk mengurangi efek buruk dari radikal bebas dalam tubuh. Senyawa fenol yang kuat dalam jahe seperti gingerol dan shogols dapat mencegah proses penuaan. Jahe juga akan melindungi kulit kita dari polusi dan sinar UV matahari yang sangat mempengaruhi terbentuknya noda hitam pada kulit, garis-garis halus, dan kerutan. Jahe juga bermanfaat meningkatkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, jantung, obat untuk nyeri sendi, serta kemampuan melawan infeksi akibat bakteri dan virus.

KEMBALI KE ARTIKEL