Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

Sejarah Kampung Adat Lewohala

26 Desember 2011   11:10 Diperbarui: 25 Juni 2015   21:44 1812 2

Nama Kampung

Nama kampung: Lewohala Lolon Melu-Tanah Wuring Lamabura). Merupakan salah satu Kampung adat di Desa Jontona--tepatnya di Lereng Gunung Ile Ape-Kecmatan Ile Ape-Kabupaten Lembata-NTT

Nama Lewohala berasal dari nama depan seorang prajurit perang yang bernama:HalaTede” yang pada saat perang perebutan tanah Lewohala dialah yang menumpas Hulubalang terkenal pihak lawan yang bernama:“Ekan Watan Lolon”

Nama Lewohala juga berasal dari nama sebuah pohon yakni: pohon “Hala” (generasi), pohon tersebut yang kemudian dijadikan lambang dari Lewohala yang mencerminkan keindahan dan keteduhan serta kedamaaian

SEJARAH KAMPUNG LEWOHALA

Masyarakat adat Lewohala pada mulanya berasal dari kepulauan Maluku (Serang Gorang Abo Muar). Pada tahun 1000 masehi, Nenek Moyang kami berangkat meniggalkan tempat asalnya mencari tempat baru untuk didiami. Adapun alasan perpindahan sebagai berikut:

1.      Sengketa antara kakak beradik ( puke kawi lusi lei, geni kawa magarai)

2.      Perang antar kampung yang tidak berkesudahan

3.      Terdesak oleh pendatang-pendatang baru

Dengan demikian nenek moyang kami mulai membuat perahu ( tula tena tani laya) dan menyiapkan segala keperluan untuk berlayar mencari tempat hunian baru. Mereka kemudian berlayar ke arah barat Nusantara (seba nuho gena katan).

KEMBALI KE ARTIKEL