Mohon tunggu...
KOMENTAR
Finansial

4 Tips Praktis Buat Investor Saham Pemula

22 Oktober 2019   13:21 Diperbarui: 22 Oktober 2019   13:31 35 0

Investasi saham membutuhkan pengetahuan khusus seperti analisis fundamental dan teknikal. Pengetahuan ini perlu dimiliki agar investor pemula bisa memaksimalkan cuan dengan memilih saham-saham yang terbaik.

Dengan kata lain, pengetahuan ini diperlukan agar investor tidak gampang melakukan spekulasi yang berlebihan. Pasalnya, investor yang lalai dan ogah melakukan analisis tentu bukan investor lagi, melainkan sudah menjadi seorang spekulator atau yang berinvestasi dengan bekal tebak-tebakan semata.

Analisis diperlukan terutama untuk meminimalkan risiko kerugian dan membantu investor membuat keputusan atas dasar (alasan) yang kuat baik dari sisi fundamental maupun teknikalnya.

Secara lebih gamblang, berikut ini 4 tips praktis yang wajib dimiliki investor pemula agar bisa memaksimalkan cuan atau keuntungan:

1. Jauhi saham gorengan

Saham gorengan itu identik dengan saham murah meriah yang tidak jelas fundamentalnya. Namanya saja gorengan, jadi saham ini biasa diolak-alik alias dimainkan (digoreng) sehingga benar-benar fluktuatif. Saham gorengan ini sangat fluktuatif: cepat melejit, tetapi cepat pula anjlok. 

KEMBALI KE ARTIKEL