Mohon tunggu...
KOMENTAR
Lingkungan Pilihan

Cara Mudah Hemat Energi di Rumah

24 Oktober 2021   16:45 Diperbarui: 24 Oktober 2021   16:47 151 11

Sejak awal komitmen saya untuk berusaha hemat energi. Dan ini saya sampaikan di keluargaku sejak dini. Saya seringkali kesal karena air kerap kali mengalir padahal ember yang menampung air. Bahkan saya sempat membuat tulisan 'matikan air setelah digunakan' dan saya tempel di dinding kamar mandi. Tujuannya untuk mengingatkan agar anggota keluarga yang menggunakan air bisa matikan air setelah gunakan. Bahkan kalau gunakan air pun untuk keperluan sehari-hari, saya tak mau air mengalir deras sampai tumpah ruah hanya karena air di rumah tersedia berlimpah.

"Ummi, kenapa sih kita harus hemat energi?," kata anak saya, Ayyas. Waktu itu usianya masih 7 tahun. Pertanyaan itu dia ajukan karena seringkali saya menyampaikan untuk hemat energi dan saya pun memberikan contoh. Tapi saya lupa kalau saya belum sampaikan kepada dia mengapa harus hemat energi.

Saya katakan ke dia, salah satu alasan mengapa kita harus hemat energi karena dengan hemat energi bisa menghemat juga pengeluaran sehari-hari. Misalnya jika uang untuk bayar listrik hanya Rp 200 ribu, tentunya lebih baik daripada harus bayar listrik hingga Rp 500 ribu karena pengeluaran listrik yang tak menentu. "Uangnya bisa untuk membeli keperluan lainnya, dek," katanya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan