Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

Stasiun KA Pertama di Indonesia Kini Hilang Terkubur di Bawah Tanah

2 April 2015   07:04 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:39 8206 0

Beberapa versi stasiun KA pertama di Indonesia

Versi keberadaan stasiun KA pertama di Indonesia berbeda-beda. PT. Kereta Api Indonesia merujuk pada dua lokasi yang diduga sebagai stasiun KA pertama di Indonesia yaitu Stasiun Kemijen dan Stasiun Semarang Gudang yang lokasinya saling berdekatan di Kelurahan Kemijen, Semarang Timur.

Meragukan Stasiun Kemijen dan Stasiun Semarang Gudang sebagai stasiun KA pertama

Namun kelompok pencinta keretaapi Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) Koordinator Wilayah (Korwil) Semarang meragukan Stasiun Kemijen dan Stasiun Semarang Gudang sebagai stasiun KA pertama di Indonesia.

Salah seorang anggota IRPS Korwil Semarang adalah Bapak Tjahjono Rahardjo, dosen kami di Program Magister Lingkungan dan Perkotaan di Unika Soegijapranata Semarang. Beliau mengatakan bahwa keraguan itu didasarkan pada beberapa hal, antara lain:

  • Sumber-sumber referensi sejarah perkeretaapian Indonesia seperti Rietsma (1925), Liem (1933), Oegema (1982), van Ballegooien de Jong, dan (1993) de Bruin (2003) tidak ada satupun yang menyebut Kemijen dan Semarang Gudang sebagai stasiun KA pertama. Mereka semua mengatakan bahwa jalur kereta api pertama terletak di antara Semarang (Samarang) dan Tanggung (Tangoeng). Liem (1933) menambahkan bahwa stasiun NIS pertama terletak dekat pelabuhan, di daerah yang disebut Tambaksari.
  • Pada buku berbahasa Belanda, Spoorwegstations op Java, karya Michiel van Ballegoijen de Jong (Amsterdam, 1993) dipampang foto stasiun KA pertama yaitu Stasiun Samarang, utuh dari sisi timur dan barat. Foto diambil saat pembukaan stasiun pada tahun 1867. Bentuk bangunannya tak jauh beda dengan Stasiun Tanjung Priok dan Stasiun Jakarta Kota yang sekarang masih tegak berdiri. Nampak megah, tidak sekecil dan sesederhana Stasiun Kemijen atau Stasiun Semarang Gudang yang diklaim sebagai stasiun KA pertama.

KEMBALI KE ARTIKEL