Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bisnis Pilihan

Pengelola Kantin DJP Kanwil Jabar Banyak yang Tutup Gara-gara Lockdown

18 Maret 2020   15:52 Diperbarui: 18 Maret 2020   15:55 62 2

Di kompleks kantin DJB Kanwil Jabar, ada duabelas lokal. Setelah informasi virus corona makin gencar, hanya setengah pengelola kantin yang bertahan membuka usahanya. Sebagian lagi memilih tutup sementara.

Di lantai dasar, dari enam lokal sudah dua pengelola kantin tidak lagi melayani pembeli. Sedangkan di lantai atas, tiga lokal sudah tutup duluan. Alasan mereka tutup sementara karena tidak mau menanggung kerugian yang lebih besar, dengan menurunnya jumlah pengunjung.

Salah satu pemilik kantin di lantai atas, Ibu Ibon mengatakan, sejumlah pengelola kantin di kantor DJP Kanwil Jabar memang lagi dirundung masalah berturut-turut. Pertama, ketika lokasi kantin dipindah, dimana pengelola kantin terpaksa mengeluarkan dana tambahan untuk membeli peralatan baru.

"Saya sendiri harus mengeluarkan dana hingga Rp 20 juta. Dana itu untuk pengeluaran sewa kantin, pembelian khitcen set baru, dasaran masakan, hingga meja dan kursi pengunjung. Cuma di lokasi baru, pengunjung yang datang malah tambah sedikit," kata Ibu Ibon.

Sudah biaya pengeluaran bertambah, pendapatan berkurang 50 persen. Ibu Ibon terpaksa memberhentikan pelayan yang biasa membantu usaha kantinnya. Kini dia cuma dibantu sang suami untuk mengantarkan beberapa pesanan.

KEMBALI KE ARTIKEL