Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Webinar Stiamak Barunawati Biru Surabaya - Nurul Hamidah

25 Oktober 2020   00:54 Diperbarui: 25 Oktober 2020   07:54 41 0
Webinar 22 September 2020

MATERI I
KAMPUS MERDEKA, MERDEKA BELAJAR
- Merdeka dalam belajar
   Perguruan tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela mengambil SKS prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak satu semester (setara dengan 20 SKS) dan dapat mengambil SKS diluar perguruan tinggi sebanyak dua semester (setara dengan 40 SKS). Dengan kata lain SKS yang diambil diprodi asal adalah sebanyak lima semester dari total semester yang harus dijalankan.
-Kegatan Mahasiswa Diluar Kampus
 * Proyek Kemanusiaan
 * Proyek didesa
 * Mengajar disekolah
* Pertukaran pelajar
* Penelitian/Riset
* Kegiata Wirausaha
* Studi Proyek Independen
* Magang/Praktik Kerja
      program ditujukan bagi seluruh mahasiswa Indonesia untuk mempersiapkan employability didunia kerja atau industri. Kegiatan magang di BUMN, perusahaan atau yayasan nirlaba, organisasi multilateral institusi pemerintah maupun perusahaan rintisan.

Materi II
INOVASI TEKNOLOGI INFORMASI PELINDO III
- Cetak nota online
   Pelayanan nota online adalah layanan dimana pengguna jasa dapat melakukan proses cetak nota online secara mandiri.

-Penambahan CCTV
   Pemanfaatan CCTV untuk memonitor tambatan kapal, sehingga dapat dilakukan melalui jarak jauh

-Pembayaran Host to Host
   Implementasi pembayaran host to host jasa kepelabuhanan, pengguna jasa tidak perlu datang kepelabuhan untuk melakukan pembayaran

-Booking Online Semua Jasa
   Pelayanan booking online PETIKEMAS, NON PETIKEMAS, Kapal, air kapal, roro, pera, wherhouse, dll.

-Penampaian Keluhan Online
   Keluhan dapat disampaikan secara online melalui menu E-Card diportal IBS atau menggunakan nomor hotline keluhan pelanggan. Pelanggan juga dapat memonitoring status tindak lanjut keluhannya.

-Meeting Online Untuk Seluruh Terminal
   Pelayanan perencanaan kapal dan barang dapt dilakukan tanpa tatap muka namun malalui port all ibs

-Electrinic Procurement
   Proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara online dimulai sejak pendaftaran rekanan, pendaftaran lelang, aanwijzing, negoisasi hingga penetapan pemenang, semuanya dilakukan melalui aplikasi E-Procurement. Selain mengurangi tatap muka juga menghemat waktu sehingga proses pengadaan barang dan jasa bisa selesai lebih cepat.


-Vandor Administration and Payment
   Vandor dapat mengupdate progres pekerjaanya secara online melalui aplikasi AIMS sementara memonitoring satatus pembayarannya tanpa datang on-site. Pengguna jasa dapat memonitoring status permohonannya secara realtime.


Materi III
SEGMEN BISNIS PELINDO III
-Jasa Kepelabuhanan
   Meliputi : Jasa kapal (jasa pandu, jasa tunda, jasa kepil, dan jasa tambat)
Jasa barang (jasa dermaga, jasa penumpukan, CY dan gudang, bongkar muat, Card terminal      dan roro)
Jasa Penumpang (PAS penumpang dan barang bawaan penumpang)
- Jasa Tetrkait Kepelabuhanan
    Meliputi : Jasa penampungan limbah atau sampah
                      Depo Petikemas
                      Pergudangan
                      Air dan Listrik
                      Pengisian air tawar dan minyak
                      Maintenance kantor
                      Penyediaan perkantoran
                      Cold Wharehouse
                      Maintenance kapal
                     Pengemasan, pelabelan
                     VGM
                     Fumigasi dan Cleaning Container
                     Angkutan Umum DR dan Kepelabuhan
                     Ruang Tunggu Kendaraan
                     Kegiatan industri tertentu
                     Tempat bermain dan rekreasi
                     Jasa Periklanan
                     Hotel, Restoran, Pariwisata pos, dan telekomunikasi
                     Jasa alat
                     PAS Pelabuhan
                     Sampah Limbah Kapal
                     Inter Terminal Transfer
                     HI-CO Scan
                     HI-CO Scan with behandle
                     Over stack tambat kapal
                     Trucking dari dermaga ke penimbunan
                      Penumpukan + gerakan ekstra
                      Batal Transaksi

Materi IV
VISI MISI DAN BUDAYA PELINDO III
Visi
- Menjadi Smart operator pelabuhan berskala dunia
MISI
- Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder
- Memberikan Kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis dipelabuhan melalui digitalisasi dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG)
- Meciptakan solusi bisnis yang cerdas melalui integrasi dan kerjasama dengan nitra strategis
- Memperluas dan membangun jaringan bisnis domestik dan internasional
BUDAYA
- AHKLAK (Amanah, Harmonis, Kompeten, Loyal, Adaptif, Kolaboratif)

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun