MATERI I
KAMPUS MERDEKA, MERDEKA BELAJAR
- Merdeka dalam belajar
  Perguruan tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela mengambil SKS prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak satu semester (setara dengan 20 SKS) dan dapat mengambil SKS diluar perguruan tinggi sebanyak dua semester (setara dengan 40 SKS). Dengan kata lain SKS yang diambil diprodi asal adalah sebanyak lima semester dari total semester yang harus dijalankan.
-Kegatan Mahasiswa Diluar Kampus
 * Proyek Kemanusiaan
 * Proyek didesa
 * Mengajar disekolah
* Pertukaran pelajar
* Penelitian/Riset
* Kegiata Wirausaha
* Studi Proyek Independen
* Magang/Praktik Kerja
   program ditujukan bagi seluruh mahasiswa Indonesia untuk mempersiapkan employability didunia kerja atau industri. Kegiatan magang di BUMN, perusahaan atau yayasan nirlaba, organisasi multilateral institusi pemerintah maupun perusahaan rintisan.
Materi II
INOVASI TEKNOLOGI INFORMASI PELINDO III
- Cetak nota online
  Pelayanan nota online adalah layanan dimana pengguna jasa dapat melakukan proses cetak nota online secara mandiri.
-Penambahan CCTV
  Pemanfaatan CCTV untuk memonitor tambatan kapal, sehingga dapat dilakukan melalui jarak jauh
-Pembayaran Host to Host
  Implementasi pembayaran host to host jasa kepelabuhanan, pengguna jasa tidak perlu datang kepelabuhan untuk melakukan pembayaran
-Booking Online Semua Jasa
  Pelayanan booking online PETIKEMAS, NON PETIKEMAS, Kapal, air kapal, roro, pera, wherhouse, dll.
-Penampaian Keluhan Online
  Keluhan dapat disampaikan secara online melalui menu E-Card diportal IBS atau menggunakan nomor hotline keluhan pelanggan. Pelanggan juga dapat memonitoring status tindak lanjut keluhannya.
-Meeting Online Untuk Seluruh Terminal
  Pelayanan perencanaan kapal dan barang dapt dilakukan tanpa tatap muka namun malalui port all ibs
-Electrinic Procurement
  Proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara online dimulai sejak pendaftaran rekanan, pendaftaran lelang, aanwijzing, negoisasi hingga penetapan pemenang, semuanya dilakukan melalui aplikasi E-Procurement. Selain mengurangi tatap muka juga menghemat waktu sehingga proses pengadaan barang dan jasa bisa selesai lebih cepat.
-Vandor Administration and Payment
  Vandor dapat mengupdate progres pekerjaanya secara online melalui aplikasi AIMS sementara memonitoring satatus pembayarannya tanpa datang on-site. Pengguna jasa dapat memonitoring status permohonannya secara realtime.
Materi III
SEGMEN BISNIS PELINDO III
-Jasa Kepelabuhanan
  Meliputi : Jasa kapal (jasa pandu, jasa tunda, jasa kepil, dan jasa tambat)
Jasa barang (jasa dermaga, jasa penumpukan, CY dan gudang, bongkar muat, Card terminal    dan roro)
Jasa Penumpang (PAS penumpang dan barang bawaan penumpang)
- Jasa Tetrkait Kepelabuhanan
  Meliputi : Jasa penampungan limbah atau sampah
           Depo Petikemas
           Pergudangan
           Air dan Listrik
           Pengisian air tawar dan minyak
           Maintenance kantor
           Penyediaan perkantoran
           Cold Wharehouse
           Maintenance kapal
           Pengemasan, pelabelan
           VGM
           Fumigasi dan Cleaning Container
           Angkutan Umum DR dan Kepelabuhan
           Ruang Tunggu Kendaraan
           Kegiatan industri tertentu
           Tempat bermain dan rekreasi
           Jasa Periklanan
           Hotel, Restoran, Pariwisata pos, dan telekomunikasi
           Jasa alat
           PAS Pelabuhan
           Sampah Limbah Kapal
           Inter Terminal Transfer
           HI-CO Scan
           HI-CO Scan with behandle
           Over stack tambat kapal
           Trucking dari dermaga ke penimbunan
           Penumpukan + gerakan ekstra
           Batal Transaksi
Materi IV
VISI MISI DAN BUDAYA PELINDO III
Visi
- Menjadi Smart operator pelabuhan berskala dunia
MISI
- Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder
- Memberikan Kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis dipelabuhan melalui digitalisasi dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG)
- Meciptakan solusi bisnis yang cerdas melalui integrasi dan kerjasama dengan nitra strategis
- Memperluas dan membangun jaringan bisnis domestik dan internasional
BUDAYA
- AHKLAK (Amanah, Harmonis, Kompeten, Loyal, Adaptif, Kolaboratif)