Mohon tunggu...
KOMENTAR
Kuliner

Kuliner: Kue Ape Serabinya Orang Betawi

8 Desember 2010   07:53 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:54 3407 2

 

K

Setelahmenemani Icha bermain hampir 2 jam-an rasa lapar menyerang aku, sembari menunggu ayah yang masih membayar sayuran untuk isi kulkas aku dan Icha menunggu di dekat pintu keluar masuk.

Tiba-tiba hidung mencium bau enak kue yang ternyata itu setahu aku dulu kue ‘tete’, kue yang menyerupai serabi. Dan semakin aku tau itu adalah kue ape, yang merupakan makanan khas Betawi.

Ini kue favorit saat aku masih nge kost di daerah Setia Budi dan juga merupakan kue favorit saat hamilnya Icha.

Sekarang kadang aku jumpai sehabis turun dari nebeng.com (mobil jemputan pagi pak Imanta, tetangga satu kompleks) turun di Komdak Bawah akan aku jumpai bapak penjual kue ape ini. Tapi entahlah beberapa minggu ke belakang ini tidak aku temui, kayanya kena gusuran ni…soalnya emang beberapa pedagang kue jajanan pasar juga ilang ? hmmm jadi kangen nih cemilan pagi nya.

Dari sebuah literatur disebutkan kenapa kue ini dinamakan kue ape. Konon, namanya berasal dari pertanyaan: "Ini kue ape, bang?. Kemudian dijawab, "Ya, kue 'ape'". Entah benar atau tidak, tapi jika benar, maka asal usul nama kue ape ini menjadi sejarah yang cukup menggelitik.

Nah ini resep kue Ape dari majalah Femina, buat di coba :

KEMBALI KE ARTIKEL