Mohon tunggu...
KOMENTAR
Foodie Pilihan

Telur Dadar Pizza, Bergizi, dan Sehat

5 April 2021   10:34 Diperbarui: 5 April 2021   10:49 118 7

Kalau saya sih sudah sarapan. Menunya meracik sendiri dong. Menu suka-suka saya hahaha... Taraa...inilah pizza telur dadar ala saya, ala chef Bunda Tety. Soal rasa, enaklah pastinya. Setidaknya kata anak saya.

Biasalah, pagi-pagi saya selalu didera rasa lapar. Sementara di meja makan tidak ada apa-apa. Asli, tidak ada apa-apa. Jadi, sarapan apa dong? Mau bikin nasi goreng, kan kemarin sudah. Masa nasi goreng lagi?

Buka kulkas saya lihat ada sebatang wortel, beberapa buah tomat, dan beberapa butir bakso. Hmmm...apa bikin pizza telur dadar? Enak nih sepertinya, apalagi kalau disantap dalam keadaan hangat.

Ya sudah, berkreasilah saya.

Dua butir telur ayam saya kocok. Saya masukkan parutan wortel, irisan satu buah tomat ukuran sedang, dua butir bakso dicincang, dua cabai merah dan 2 cabai rawit yang diiris, serta 1 sendok makan tepung terigu.

Saya aduk-aduk. Tidak lupa taburi sedikit garam dan sedikit penyedap rasa. Lalu saya panaskan wajan dengan sedikit margarin, lalu saya tuangkan adonan telur, diamkan sebentar, kemudian di balik, diam sejenak.

Sudah. Selesai deh. Tidak sampai 30 menit. Tinggal dipindahkan ke piring. Taraa... beginilah penampakkannya. Bagaimana, menggugah selera tidak?

"Kak, mau cobain nggak pizza telur dadar?" kata saya pada anak kedua saya yang usai sarapan dengan dua telur ceplok setengah matang.

Setelah dicoba anak saya, katanya sih enak. Tapi karena kenyang, anak saya hanya makan sepotong saja.

Jadilah saya yang menghabiskan sepiring pizza telur dadar itu. Maklum, saya lagi lapar berat dan dalam proses pertumbuhan. Alhamdulillah...nikmatnya.

Sepertinya cocok nih buat sajian sahur dan buka puasa nanti. Bikinnya simpel dan tidak pakai ribet.

Kata dokter, asupan gizi seimbang menjadi salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Sekadar memenuhi rasa lapar, tidaklah cukup.

Dan, menurut saya, menu sarapan saya ini cukup bergizi. Bisa dibilang gizi seimbang. Kandungannya cukup lengkap juga. Ada karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, serat, dan segelas air minum.

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber kalori utama dan berperan untuk mengatur metabolisme. Protein berfungsi untuk pembentukan sel tubuh dan membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

Mineral berfungsi sebagai elektrolit tulang dan gigi, serta fungsi darah dan sistem kekebalan, hingga sebagai  antioksidan. Lemak berfungsi sebagai sumber energi, melindungi kesehatan tubuh serta membantu otak bekerja lebih baik.

Serat berfungsi menyeimbangkan kadar gula dan mencegah penyakit. Air berfungsi sebagai pelarut, katalisator, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit.

Kata dokter, konsumsi air putih yang cukup, namun batasi susu dan produk turunannya. Konsumsi susu sebaiknya hanya 1-2 gelas per hari, jus sekitar satu gelas per hari, dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

Demikian menu sarapan saya kali ini. Mau mencoba?

KEMBALI KE ARTIKEL