Mohon tunggu...
KOMENTAR
Hukum

Siapa Saudara Jhoni Arung?

9 Juli 2019   01:40 Diperbarui: 9 Juli 2019   01:55 48 0

SIAPA SAUDARA  JHONI ARUNG ?
===================

Tak seorangpun belum mengetahui keberadaan  saudara Joni Arung sebagai  Kontraktor PT.Istaka Karya. Mungkin ada yang mengetahui tetapi  dia dilindungi dengan benar.

Saudara Joni Arung adalah seorang kontraktor PT.Istaka Karya, yang  mengerjakan jalan trans  Kabupaten Nduga.

Saudara Joni Arung adalah salah satu kunci saksi kasus Nduga, karena anak buah dia yang di eksekusi di Gunung Kabo oleh OPM/TPNPB.

Sehingga menurut saya saudara Joni Arung harus bertanggung jawab sepenuhnya terkait operasi yang sedang berlangsung di Kabupaten Nduga.

Menurut kaca mata saya sebagai pembela Ham melihat kasus Nduga memakan korban jiwa dari masyakat sipil maupun,  dari pihak TNI dan POLRI, dan itu juga merugikan keluarga anak-anak yang ditinggalkan, sekalipun pimpinan  TNI dan Polri mengatakan mereka mati karena demi kepentingan Negara.

Tetapi kasian terhadap keluarga yang ditinggalkan, pasti mereka akan merasa kehilangan keluarganya.

Oleh karena itu saudara Joni Arung sebagai Kontraktor PT  harus mempertanggung jawabkan secara hukum  tehadap masyarakat sipil yang meninggal.

Kalau kita berbicara soal penegakkan hukum saudara Joni  Arung, harus bertanggung jawab sebagai saksi dalam proses penyelidikannya.

Kasus Nduga menurut saya menyakiti hati masyarakat sipil non Papua dan juga masyarakat sipil asli Nduga. Untuk itu secara hukum saudara Joni Arung harus mempertanggung jawabkan.

Terkait dengan kasus Nduga kami minta kepada Polda Papua, sebagai aparat penegak hukum  harus mengungkapkan siapa sebenarnya dibalik peristiwa kasus Nduga.

Oleh karena itu saudara Joni Arung adalah salah satu saksi kunci peristiwa kasus nduga, yang harus memberikan keterangan saksi kepada pihak aparat penegak hukum.

Aparat penegak hukum sebagai penyidik untuk segera melakukan penyelidikan  terhadap saudara tersebut.

Menurut saya saudara Joni Sebagai kontraktor memang harus menjelaskan secara terbuka juga kepada buplik bahwa Karyawan  yang dieksekusi di Gunung kabo oleh OPM/TPNPB Itu masyarakat sipil atau TNI, dia yang tau  karena mereka adalah anak buahnya.

Saya yakin mungkin Polda telah melakukan penyelidikan terhadap saudara tersebut. Kalau itu sudah dilakulan bisa disampaikan kepada publik juga.

Saya sangat sedih sejak kejadian 30 November 2018 sampai tanggal 3 Desember 2018, sampai hari ini saudara Joni Arung dilindingi betul sedangkan masyarakat sipil lain dan TNI/POLRI sedang mengalami Korban jiwa yang berdampak merugikan keluarga sedangkan dia hanya baik-baik saja.

Sedangkan pada tahun 2017, sudah ada perjanjian antara OPM dan saudara Joni Arung,  setiap tanggal 24 Nopember 2017, karyawan harus meninggalkan perkerjaan dan keluar kota. Namun saudara Joni masih bertahan dengan semua karyawan disana hingga sampai melewati tanggal kesepakatan, yang mengakibatkan korban jiwa.

Oleh karena itu sebenarnya saudara Joni Arung adalah salah satu Kunci saksi yang harus menjelaskan kasus Nduga.

Kami sangat mengharapkan kepada Polda Papua, sebagai aparat penegak hukum untuk segera memperdalam kasus Nduga.

Sejak kejadian kasus nduga sampai hari ini, nasip saudara Kotraktor PT Istaka Karya, itu dilindungi dan tinggal tenang-tenang saja. Sedangkan korban sedang berjatuhan setiap saat.

Masalah Nduga juga menjadi isu pelanggaran  Ham sebagai isu internasional,  dan merupakan menjadi sorotan Dunia terhadap Bangsa Indonesia.

Dengan demikian telah merusak nama baik, negara rebuplik Indonesia  dalam penegakan hak asasi manusia di mata Internasional.

Menurut kami di Kabupaten Nduga, di balik Gunung, dan daerah yang terbelakang dan tersembunyi dari setiap kasus yang terjadi di sana.

Tetapi jangan pernah lupa bahwa terkait dengan  isu pelanggaran ham sangat terbuka dan kelihatan di mata Dunia, apa lagi di mata Tuhan Allah.

PEMBELA HAM SEDUNIA  

THEO HESEGEM

KEMBALI KE ARTIKEL