Mohon tunggu...
KOMENTAR
Gaya Hidup Pilihan

"Resilience" Ketangguhan dalam Hidup, Apa Kata Neuroscience?

15 September 2019   09:40 Diperbarui: 20 September 2019   07:17 630 0

Setiap orang pasti menghadapi tantangan atau hambatan dalam hidupnya, seperti: kehilangan orang yang dicintai, tekanan pekerjaan, kegagalan (akademik, karir atau bisnis), menghadapi toxic people di sekitar, krisis keuangan, krisis rumah tangga atau relationship, bencana atau tragedi, mengalami diskriminasi, gangguan kesehatan, mendapat tekanan dari orang atau kelompok lain, dll.

Tantangan hidup ini bisa datang kapan saja, di saat kita masih kecil atau di saat kita sedang produktif atau di puncak karir misalnya. Juga di saat kita sedang membangun rencana hidup kita. Tantangan ini bisa datang bergantian atau datang sekaligus dalam satu waktu.

Mereka yang memiliki resilience (ketahanan atau ketangguhan hidup) akan lebih cepat pulih atau bangkit kembali, bahkan hanya terpengaruh sedikit. Namun mereka yang tak memiliki resilience akan terpengaruh atau terpuruk amat dalam dan untuk waktu yang lama. Mereka yang memiliki resilience yang akan bertahan atau bahkan tampil lebih baik dari yang lainnya.

KEMBALI KE ARTIKEL