Mohon tunggu...
KOMENTAR
Inovasi

Facebook, Twitter, MySpace atau Kompasiana?

6 Mei 2011   02:30 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:02 230 4

Facebook, Twitter, MySpace atau Kompasiana?

Memperbandingkan ke empat media sosial ini tentulah tidak fair. Masing-masing memiliki ciri khas yang non-comparable, mereka berbeda, mereka memiliki ciri khas tersendiri. Apalagi Kompasiana yang tidak (belum) sepenuhnya menjadi media sosial, tapi lebih condong 50-50. Setengah media sosial dan setengahnya lagi media buat citizen journalism. Sebetulnya ada begitu banyak media sosial yang tersedia seperti yang terlihat di bawah ini (tapi saya hanya tertarik membahas 4 diantaranya). Tetapi satu medial sosial yang pernah menjadi raksasa dunia kemudian berpindah ke Asia karena tergusur di negara asalnya Amerika serta Eropa, telah tewas. Friendster sudah pergi ke alam baka. Menyisahkan persaingan ketat dari berbagai media sosial yang masih eksis.

Tapi tidaklah mengapa untuk melihat ke empat figure dunia maya yang saya sebutkan tadi:

Facebook. Adalah sebuah layanan media sosial yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh perusahaan Facebook, Inc. Data pada bulan Januari 2011[ menunjukkan kenaikan yang cukup signifikat dilihat dari jumlah mengguna FB di seluruh dunia yaitu menembus setengah miliar user! Ya, lebih dari 600 juta pengguna aktif! Nah, keuntungan disini usernya dapat membuat profil pribadi, urusan pertemanan lancer, tukar pesan, chatting, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan grup mana saja yang Anda sukai. Dan yang paling hebat, disini Anda bisa mengembangkan dunia bisnis Anda. Sudah banyak yang sukses berbisnis, mengiklankan produk dan jual-beli barang. Tapi hati-hati, jangan tertipu sama pengguna sekelas si Shelly “wartawan kompas” itu!

Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini. Studi Compete.com pada bulan Januari menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh Twitter dan MySpace.

MySpace. Lagi menurun popularitasnya. Anda tau Zynga kan? Perusahan penyedia game nomor wahid. Zynga.com sudah menandatangani kontrak perpanjangan dengan FB selama lima tahun ke depan, tapi mereka justru menutup casual game Mafia Warsnya di MySpace. Nah, ini nampaknya adalah salah satu tanda adanya penurunan popularitas MySpace. Jejaring sosial ini tadinya sangat diminati bahkan oleh para aktris dan actor dunia, DJ terkenal seperti Tiesto pun punya account di sini. Kelebihan MySpace adalah pengguna bisa membuat page sefariatif dan semenarik mungkin hal mana tidak diperoleh di FB. MySpace memang menonjolkan sisi promosi konten. Mereka berkembang dengan cukup pesat hingga memiliki sekitar 125 juta pengguna. Namun, popularitas tersebut tidak bertahan lama, apalagi ketika dihadapkan dengan Facebook.

Penurunan popularitas ini disinyalir menjadi alasan di balik penutupan game Mafia Wars di halaman MySpace. Zynga, selaku pengembang berbagai game online tersebut, menuliskan notifikasi bagi pengunjung MySpace untuk melanjutkan permainan Mafia Wars di situs resmi mereka. Antara bulan Januari dan Februari 2011, jumlah pengunjung yang bermain game di MySpace mengalami penurunan sebesar 14,4%; dari 73 juta menjadi 63 juta pengunjung.

Twitter. Memiliki keunikan tersendiri. Jejaring sosial yang satu ini bak pengganti diary kita. Kalau dulu Anda mungkin menulis catatan harian dan keluh kesah Anda atau pun segala curhat Anda di buku diary, sekarang kita boleh mencatatnya di catatan harian atau diary online. Ya! Namanya twitter. Setiap hari kita bisa ber-tweet-tweet. Berkicau kayak burung! Terkenal dengan sebutan burung@. Hebatnya banyak orang “besar” dalam dan luar negeri ada di sini, sebut saja @billgates, @tigerwoods, @cher, @shaniatwains, @dtrump, @warrenbuffet. Untuk dalam negeri Anda bisa follow banyak sekali menteri dan para petinggi negeri. Bahkan kelihatannya secara diam-diam SBY juga ada kicauannya di sini!

Di halaman 'about' di websitenya twitterpertengahan tahun lalu tercatat ada sekitar 175 juta pengguna yang terdaftar dan 95 juta tweet per hari. Benarkah jumlah “real” pengguna Twitter sebanyak itu? Sangat mungkin tidak jika kita telusuri dengan menggunakan API yang dibuat oleh Twitter sendiri. Faktanya adalah terdapat 56 juta pengguna yang tidak mem-follow siapapun dan ada 90 juta pengguna yang tidak memiliki follower. Lihat Grafik:

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun