Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi Pilihan

7 Tips Mendidik Anak agar Tidak Nakal

6 Juni 2020   08:02 Diperbarui: 6 Juni 2020   08:05 330 8


Penyebutan anak nakal identik dengan anak yang sulit diatur, suka memberontak, suka melawan, susah diminta bantuan, suka melanggar aturan. Lebel yang diberikan selalu berkonotasi negatif tanpa pernah orang tua, guru berpikir, apa penyebab anak melakukan hal tersebut.

Kita sebagai orang tua hanya menuntut anak melakukan semua pekerjaan yang kita suruh, mendengar semua apa yang kita katakan, tanpa pernah berusaha mencari tahu penyebab mereka berbuat seperti itu.

Sebagai orang tua yang bijaksana ada baiknya kita melakukan beberapa tips di bawah ini agar anak berbuat sesuai keinginan kita tanpa merasa terpaksa tapi berdasarkan kesadaran diri mereka sendiri.

1. Luangkan waktu berdiskusi bersama anak
Sering kita jumpai orang tua yang kelewat sibuk mengumpulkan harta benda sehingga lupa dengan harta sebenarnya yaitu anak. Orang tua menganggap harta itu hanya identik dengan materi semata. Mereka lupa harta yang sebenarnya adalah anak-anak yang mereka miliki. Apa gunanya harta benda jika anak-anak yang mereka miliki menjadi anak yang rusak akhlaknya, mabuk-mabukan, menggunakan barang haram. Tapi mereka tidak bisa menikmati karena dipusingkan dengan prilaku anaknya yang tidak terpuji.

2. Buatlah kesepakatan bersama
Sebagai orang tidak perlu diktator dalam arti mau menang sendiri, semua keinginannya harus dilakukan oleh anak tanpa pernah memberikan kesempatan kepada anak kita untuk berbicara. Ingat anak juga manusia yang punya keinginan, harapan seperti kita.

KEMBALI KE ARTIKEL