Mohon tunggu...
KOMENTAR
Filsafat

Kurikulum

2 April 2020   13:24 Diperbarui: 2 April 2020   13:32 37 0

Assalamualaikum teman-teman. pada kesempatan kali ini saya akan menulis dan menjelaskan tentang kurikulum.

A. Pengertian Kurikulum
      Menurut KBBI, kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan atau perangkat mata kuliah mengenai bidang keahlian khusus.  Kurikulum sangat dibutuhkan dalam pendidikan, karena kurikulum adalah acuan atau pedoman yang diterapkan guna mencapai tujuan pendidikan.

B. Asas- Asas Kurikulum
     Dalam pengembangan kurikulum terdapat 4 dasar yang mendasarinya yaitu asas psikologi, sosiologi, filosofis, dan asas teknologi.
1. Asas Psikologi
      Psikologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang didalamya mempelajari tentang jiwa atau perilaku manusia. Jika dikaitkan antara psikologi dengan dengan pendidkan, akan ada suatu relasi yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan. Mengapa tidak dapat dipisahkan? Karena keduanya memiliki peranan yang sangat dibutuhkan dalam kemajuan pengembangan kurikulum. Dengan adanya psikologi, tentu dapat mencapai tujuan kurikulum secara mudah karena psikologi dapat mengetahui emosional serta memahami perilaku yang menjadi karakter peserta didik. Dalam asas psikologi ini terdapat banyak aspek yang dikembangkan, diantaranya adalah :
a. Aspek ketakwaan
b. Aspek cipta
c. Aspek rasa
d. Aspek karsa
e. Aspek karya ( Kreatif )
f. Aspek kesehatan
g. Aspek sosial
h. Aspek individu.
2. Asas Sosiologi
     Sosiologi adalah  ilmu pengetahuan yang didalamnya membahas tentang berbagai gejala sosial yang terjadi dalam suatu kehidupan. Berbagai gejala sosial tersebut bisa terjadi antara hubungan perorangan atau individu, antar kelompok, atau golongan.
Didalam kehidupan sehari hari tentu tidak akan terlepas dari sosial lingkungan masyarakat dunia sekitar. Adapun dunia sekitar manusia dibagi menjadi tiga bagian yaitu dunia alam kodrat, dunia sekitar benda-benda buatan manusia, dan dunia sekitar manusia.
3. Asas Filosofis
     Asas folosofis dapat memudahkan kurikulum untuk mencapai pengembangan yang optimal. Karena asas filosofis ini terkait atau terarah dengan filsafat. Filsafat bangsa yang dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum adalah pancasila. Hal ini memberikan makna bahwa lembaga pendidikan/ pengembangan kurikulum yang dibuat harus selaras dengan pancasila.
4. Asas Teknologi
     Dalam menentukan strategi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi perlu diperhatikan. Kemajuan teknologi terhadap pengembangan kurikulum bisa membuat pendidikan lebih efisien. Mengapa menjadi lebih efisien? Karena proses belajar tidak hanya bisa dilaksanakan disekolah saja, melainkan bisa belajar dirumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan adanya teknologi peluang belajar peserta didik menjadi lebih banyak.

C. Prinsip - Prinsip Kurikulum
    Dalam menjalani kehidupan, tentunya manusia memiliki prinsip untuk mencapai tujuannya. Begitu pula dalam kurikulum, terdapat prinsip-prinsip yang membuat sistem kurikulum berjalan dengan lancar dan teratur. Berbagai prinsip dalam pengembangan kurikulum diantaranya adalah :
1. Prinsip Relavansi
   Merupakan prinsip yang memiliki keselarasan dan kesesuaian antara komponen tujuan, isi, dan evalusi kurikulum.
2. Prinsip Kontitunitas
    Merupakan prinsip yang memiliki keterkaitan antar jenjang pendidikan dengan bahan pelajaran yang akan ditentukan.
3. Prinsip Fleksibilitas
    Merupakan prinsip dalam memilih  program yang bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sesuai perkembangan zaman.
4.Prinsip berorientasi pada tujuan kurikulum
    Merupakan prinsip yang bertujuan pada aspek aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai.
5. Prinsip efisiensi dan efektifitas
   Merupakan prinsip yang mengatur dan memanfaatkan batas waktu dengan baik.
6. Prinsip Keseimbangan
   Merupakan prinsip yang membuat kurikulum menjadi seimbang secara lengkap dan menyeluruh.
7. Prinsip keterpaduan
   Merupakan prinsip yang menjadikan interaksi antar guru dan siswa tidak terputus atau antara teori dan praktik yang selalu berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
8. Prinsip mutu
     Merupakan prinsip yang menentukan bagus tidaknya lembaga pendidikan.

D. Ciri-Ciri Kurikulum
     Dalam pengembangan kurikulum diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan secara optimal. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan kurikulum yang baik dan tertata. Adapun ciri ciri kurikulum yang baik diantaranya adalah memiliki tujuan yang utama, sesuai dengan fitrah manusia, disajikan melalui pengujian materi serta tidak adanya kadaluarsa dalam pengembangan kurikulum. Kurikulum yang baik juga memiliki ciri-ciri dapat memperbaiki dalam pembinaan akhlak dan meningkatkan bakat minat yang dimiliki peserta didik.

E. Isi Kurikulum
     Isi kurikulum sangat mempengaruhi kemajuan suatu lembaga pendidikan. Untuk itu, dalam memilih isi kurikulum harus sesuai dan sejalan dengan tahap perkembangan peserta didik. Adapun isi dalam kurikulum yaitu mata pelajaran dan silabus pelajaran.

F. Orientasi Kurikulum
    Seiring berjalannya waktu, kurikulum semakin diakui bahwa sangat berperan dalam pendidikan dan pengembangan kurikulum pun berorientasi pada bidang studi tertentu. Maksudnya adalah terdapat penyesuaian yang baik didalam tingkat perkembangan peserta didik. Adapun orientasi kurikulum diantaranya adalah  kurikulum berdasarkan mata pelajaran, mengutamakan peranan peserta didik, dan berorientasi pada tujuan serta masalah.

Okey teman teman. Itulah sedikit penjelasan dari saya tentang Kurikulum, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin...

Wassalamualaikum wr wb.

KEMBALI KE ARTIKEL