Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Menjelajahi Dampak Teknologi Modern pada Pendidikan

12 Desember 2022   13:08 Diperbarui: 12 Desember 2022   13:21 71 0

Teknologi modern telah membawa banyak perubahan dalam banyak sektor. Teknologi modern telah mengubah fokus dunia pendidikan dari standar lama ke standar yang lebih tinggi dan telah menempatkan fokus pada penggunaan teknologi untuk mempertajam kemampuan siswa. Teknologi modern yang berkembang sangat pesat ini telah memberikan dampak yang luar biasa pada sistem pendidikan.

Dengan adanya teknologi modern, proses pembelajaran menjadi lebih cepat dan juga lebih efektif. Siswa dapat memproses informasi dengan lebih cepat karena mereka dapat menggunakan berbagai sumber teknologi, seperti internet, komputer, laptop, dan smartphone. Bahkan mesin pencari seperti Google memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah. Dengan begitu, informasi dapat diakses dengan lebih cepat dan mereka dapat menggunakan waktu yang lebih banyak untuk memikirkan dan memproses informasi. Ini dapat membantu mereka meningkatkan kemampuannya dan meningkatkan hasil pembelajaran.

Karena teknologi modern, pembelajaran di sekolah juga menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sekolah-sekolah telah menggunakan berbagai pendekatan teknologi untuk membuat pembelajaran lebih bervariasi dan lebih menarik. Mereka dapat menggunakan animasi, video, dan berbagai permainan untuk menarik minat siswa dan membuat pembelajaran mudah dipahami.

Massa media, seperti koran, televisi, radio, dan internet telah membuat pendidikan tersedia buat semua orang. Informasi tentang berbagai aktivitas dan topik dapat dengan mudah diakses oleh siswa melalui TV, internet, dan koran. Dengan massa media, siswa dapat mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana dunia saat ini dan hal-hal terbaru yang sedang terjadi di dunia. Hal ini akan membawa pembelajaran mereka ke tingkat yang lebih tinggi dan meningkatkan kualitas kehidupan mereka.

Selain itu, teknologi modern juga dapat membantu meningkatkan komunikasi siswa dan guru. Guru dapat dengan mudah mengirimkan berita, tugas, dan informasi ke siswa melalui internet. Siswa dapat berbagi informasi dan diskusi dengan guru dan dengan satu sama lain melalui email, forum, dan blog. Hal ini membantu meningkatkan keintiman dan pemahaman secara positif.

Namun, semua keuntungan dari dampak teknologi modern ini tidak boleh membuat kita buta pada fakta bahwa teknologi modern juga memiliki beberapa dampak negatif pada pendidikan. Teknologi modern telah menimbulkan masalah keamanan. Ada banyak sektor hiburan yang menyediakan ancaman untuk keselamatan siswa. Teknologi juga telah mendorong siswa untuk kurang produktif dan tidak fokus pada pelajaran.

Oleh karena itu, penting untuk menetapkan beberapa aturan dan batasan yang akan membagi waktu antara teknologi dan pendidikan. Guru harus menetapkan jadwal khusus untuk menggunakan teknologi, misalnya jam-jam aktivitas teknologi selama jam siang. Hal ini penting untuk menjaga agar teknologi disediakan di tempat khusus hanya untuk tujuan pendidikan.

Kesimpulannya, teknologi modern telah membawa manfaat yang jelas bagi dunia pendidikan. Dengan teknologi, informasi dapat diakses dengan lebih mudah dan penggunaan media massa telah meningkatkan kualitas pendidikan siswa. Walaupun isu keamanan dan produktivitas setelah adanya revolusi teknologi masih menjadi masalah, penting untuk menetapkan batas dan aturan tentang penggunaan teknologi untuk mendukung lancarnya proses pembelajaran karena dengan demikian, pendidikan dapat ditingkatkan dan siswa dapat memperoleh hasil terbaik.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun