Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Implementasi Literasi Membaca Di Tingkat Sekolah Dasar

22 Desember 2020   19:41 Diperbarui: 31 Desember 2020   17:04 341 3

Secara subtansial,literasi di dalam dunia pendidikan, sebenarnya bukan lah baru.Sebab,aktivitas literasi sudah lama dikembangkan dalam pembelajaran bahasa.Mulai dari Bahasa Indonesia,jawa, araf,inggris,jepang,cina,Malasysia, dan juga lainnya melalui catur tunggal kemampuan bahasa/berbabahasa menyimak atau mendengarkan,membaca,menulis,berbicara subbtansi literasi sudah ada sejak dulu ada pembelajaran.Oleh Sebab itu pada  abad 21 ini mengharuskan literasi  dibumingkan kembali secara konseptual dan juga praktis sebagai jawaban atas ketinggalan kemampuan literasi di Indonesia khususnya dalam pendidikan. Dan kemampuan literasi adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang.Seiring perjalan waktu literasi diharapkan mampu menjadi ilmu dasar yang sudah tertanam dalam kebiasaan,literasi lebih menitip beratkan pada membaca  sekaligus pemahaman.Karena  mengingat pentingnya pemahaman yang artinya :

Membaca merupakan suatu aktivitas sederhana yang memilki banyak manfaat, salah satunya menambah wawasan.Meskipun demikian, tidak semua orang ( baik dewasa maupun anak-anak )memiliki kesadaran tentangpentingnya  atau manfaat membaca sesuai pendapat ( Mujiwono, 2003 ) yang menyatakan bahwa membaca merupakan jantung pendidikan, namun seiring dianggab tidak penting.Pada tingkat sekolah dasar, pembelajaran membaca merupakan hal yang sangat penting karena kemampuan membaca perserta didik menjadi salah satu kunci dasar yang mempengaruhi keberhasilan pembejaran selanjutnya.Jika peserta didik mampu membaca dengan baik maka informasi atau hal-hal baru mudah diterima, akan tetapi,pembelajaran membaca ditingkat sekolah dasar cendrung kurang maksimal atau kurang  pembiasaan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun