Mohon tunggu...
KOMENTAR
Karir

Bermodalkan Kemampuan Audio dan Visual, Inilah 3 Profesi di Bidang FTV

7 April 2020   20:41 Diperbarui: 21 April 2020   20:20 14 0

Profesi di bidang Film dan Televisi (FTV) merupakan salah satu pekerjaan yang diminati banyak orang. Panjangnya proses pengerjaan proyek di industri film dan televisi membuat ada banyaknya jenis pekerjaan di bidang FTV.

Selain itu, pekerjaan di bidang ini juga dikenal tidak membosankan dan bergaji tinggi. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa kamu tekuni bila ingin terjun ke dunia FTV.

1. Editor Film

Editor merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan juga imajinasi yang tinggi. Tugas utama seorang editor adalah mewujudkan dan menyempurnakan apa yang sutradara inginkan di dalam tiap detik dari sebuah film.

Selain itu editor film juga bertugas untuk memotong dan menyambungkan hasil rekaman dan merangkainya menjadi sealur. Umumnya editor memiliki asisten yang bertugas untuk membantu proses editing suatu rekaman. Dilansir dari finance.detik.com, gaji seorang editor dapat mencapai angka 81 juta per bulan.

2. Sutradara

Sutradara merupakan orang yang bertanggung jawab dalam set sebuah film. Umumnya sutradara dituntut untuk mempunyai kemampuan untuk memvisualisasikan naskah ke dalam bentuk adegan.

Seorang sutradara juga bertugas untuk memilih kru, melakukan pembahasan visi misi pertunjukan, mengarahkan pemain agar menjiwai naskah, dan memimpin jalannya proses shooting. Dilansir dari finance.detik.com, gaji seorang sutradara dapat mencapai 119 juta per bulan.

3. Produser

Seorang produser memiliki  peran dalam mengawasi dan juga bertanggung jawab atas seluruh proses pembuatan film, mulai dari pra-produksi sampai pasca produksi. Selain itu produser juga bertugas untuk mencarikan dana untuk pembuatan film secara keseluruhan.

Umumnya produser akan berdiskusi dengan sutradara dan penulis skenario, membaca naskah, dan mencarikan sponsor baik berupa uang atau penyediaan fasilitas. Dilansir dari finance.detik.com, gaji seorang produser dapat mencapai 151 juta!

"Bekerja sesuai passion adalah hal yang menyenangkan, terutama di bidang FTV. Bekerja di bidang ini memberikan kita kesempatan untuk menambah koneksi dengan banyak film maker, baik nasional maupun internasional," ujar Ayuning Widhiakresna S, Asisten Editor di Super8mm Studio dan alumni Prodi Ilmu Komunikasi President University.

Segala keterampilan dan pengetahuan yang kamu dapatkan di jurusan Film dan Televisi adalah modal berharga yang patut kamu banggakan. Tidak heran kalau ada banyak sekali peluang karir bagi lulusan Film dan Televisi dengan gaji yang tinggi.

---

Content created by: Public Relations Students, Communication Studies, President University

Article Writer: Timothy Wijaya
Photographer: Angella Tiara
Visual Designer: Natanael Aquila
Editor: Zefanya Ariella
Social Media Manager: Jasmine Afridanti

KEMBALI KE ARTIKEL