Mohon tunggu...
KOMENTAR
Catatan Artikel Utama

Fitur Baru: Autoshare Facebook dan Twitter

11 Januari 2010   05:53 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:31 862 0

[caption id="attachment_52052" align="alignright" width="300" caption="Proses verifikasi penggunaan fitur Autoshare Kompasiana di Facebook."][/caption] Ciri khas dari sebuah social media (media sosial atau media bersama) adalah adanya koneksi dan interaksi antara satu social media dengan social media lain, agar setiap konten yang ditayangkan di internet bisa diakses oleh orang-orang yang berada di luar komunitas atau di luar jangkauan situs bersangkutan.

Itulah yang melandasi lahirnya banyak fitur berbagi yang untuk konteks Indonesia masih terpusat di dua situs jejaring sosial terkemuka dunia, Facebook dan Twitter.

Misalnya, setiap status yang kita tulis di Twitter secara otomatis menjadi status terbaru di Facebook. Kita juga bisa mengirim tautan (link) berita atau tulisan menarik dari sebuah website ke Twitter dan Facebook dengan mengklik tombol “Share” yang tersedia di bawah tulisan.

Lalu tantangan berikutnya, bagaimana kalau koneksi dan interaksi antar-situs ini berlangsung secara otomatis?

Di ranah blog dunia, fitur berbagi-otomatis atau autoshare sudah diadopsi oleh banyak kanal blog dan social media. Fitur ini dimaksudkan agar pengguna tidak lagi melakukan dua kali pekerjaan untuk menayangkan satu konten atau tulisan di banyak tempat. Baik sekedar untuk menempatkan tautan atau memasukkan bagian dari tulisan tersebut di tempat lain.

Di Kompasiana, fitur autoshare sudah bisa digunakan mulai hari ini untuk Facebook (social media) dan Twitter (microblogging).

Untuk Facebook, Anda bisa memilih apakah Tulisan yang baru ditayangkan otomatis muncul di profil Facebook sebagai tautan atau masuk ke menu Notes/Catatan Facebook. Sedangkan di Twitter, mengacu kepada fungsi bakunya sebagai microblogging, tulisan di Kompasiana secara otomatis akan menjadi status terbaru Twitter Anda.

KEMBALI KE ARTIKEL