Mohon tunggu...
KOMENTAR
Financial Pilihan

Pergerseran Perilaku Konsumen Menuju The Next Normal Pasca Covid-19

20 Juni 2020   14:00 Diperbarui: 20 Juni 2020   14:07 192 0
Transformasi Psikologis Konsumen
Krisis akan memberikan dampak psikologis yang nyata. Hal tersebut dikarenakan rasa ketakutan tertular COVID-19 dan kekhawatiran terhadap kondisi ekonomi mereka. Masyarakat akan berusaha melindungi diri dari penularan dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya. Panic buying adalah salah satu contoh perilaku yang muncul akibat ketakutan dan kekhawatiran tersebut.

Berbagai transformasi psikologis, diantaranya adalah peningkatan sensitivitas harga yang diakibatkan oleh keresahan ekonomi. Sebesar 46% konsumen AS dan 28% konsumen Cina mengatakan mereka berencana untuk mengurangi pengeluaran dalam beberapa minggu mendatang. Contoh lainnya adalah social distancing dan stay at home yang akan mendorong peningkatan keterlibatan digital. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun