Mohon tunggu...
KOMENTAR
Birokrasi

Wakil Walikota Cilegon Kunjungi Lapas Cilegon, Ini Apresiasinya

1 April 2021   20:39 Diperbarui: 5 April 2021   21:28 77 1

Guna meningkatkan kesadaran tentang menjaga kesehatan terhadap warga binaan yang ada di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Cilegon, Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon melalaui Dinas Kesehatan, melakukan kegiatan Gerakan Warga Binaan Peduli Kesehatan (GEGANA PEDES) di aula Lapas Cilegon.

Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta mengatakan, sinergitas antara Lapas Kelas IIA Cilegon dan UPTD Puskesmas Cibeber sudah baik. Dimana, saat ini didalam Lapas Cilegon sudah ada miniatur Puskesmas khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga binaan yang ada di dalam Lapas.  

Sementara, Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon Erry Taruna mengapresiasi kepedulian Pemkot terhadap warga binaan yang ada didalam Lapas Cilegon.

Menurutnya, apa yang dilakukan Pemkot Cilegon tidak hanya sebatas slogan dan pemaparan saja. Namun dirasakan langsung manfaatnya oleh warga binaan.

Erry menyampaikan, untuk menditeksi penyakit HIV didalam Lapas. Pemkot Cilegon dalam kegiatan GEGANA PEDES itu, menerjunkan tim voluntary counselling and testing (VCT).  Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS di dalam Lapas yang bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik.

Adapun untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di Lapas, Erry mengaku pihaknya telah menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Seperti mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker dan lain sebagainya. Terutama untuk pengunjung dan warga binaan baru dari tempat lain.

Imbasnya, sampai saat ini penyebaran Covid-19 di Lapas Cilegon sangat kecil. Terlebih, pihaknya mewajibkan setiap pengunjung dan warga binaan yang baru pindah harus memilik hasil test swan dan VCR.

KEMBALI KE ARTIKEL