Mohon tunggu...
KOMENTAR
Hobi

Bekal Utama Menulis

19 Juni 2021   15:31 Diperbarui: 19 Juni 2021   15:46 27 2

BelajarBersama#OmB4P#:
Bekal Utama Menulis

Oleh. H.M. Hamidi

Bekal merupakan segala sesuatu yang harus kita miliki dan kita persiapkan sebelum melakukan kegiatan agar memperoleh hasil yang diharapkan.

Apapun status dan profesi kita, jika ingin tetap on fire dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab serta menginginkan hasil yang optimal, maka kita harus mempersiapkan bekal dengan sebaik baiknya.

Bekal yang cukup akan membantu kita untuk fokus dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan,  sehingga hasil yang diperoleh menjadi maksimal.

Selain itu, bekal yan cukup alam mengerjakan pekerjaan yang kita tekuni,  dapat membantu konsenterasi dan mempercepat tercapainya tujuan yang diinginkan.

Dalam menyiapkan bekal yang kita butuhkan, perlu kita mebuat skala priorias untuk membantu kita dalam mengatur waktu agar lebih efektif.

Demikian halnya dengan membuat tulisan. Bekal utamanya yang harus kita miliki adalah banyak membaca.

Membaca merupakan perintah pertama diturunkan Allah bagi umat manusia khususnya  umat islam.

Karena wahyu pertama yang  diterima junjungan alam baginda Rasul Muhammad SAW adala perintah membaca.

Padahal ketika itu Nabi kita belum bisa membaca dan belum pernah belajar membaca dari siapapun.

Akan tetapi karena itu adalah perintah Allah yang wajib dikerjakan dan langsung disampaikan oleh malaikat Jibril maka Nabipun melakukannya atas bimbingan Jibril sebagai bukti kerasulan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul terakhir serta rahmat bagi seluruh alam.

Sebagai umat islam, sudah seharusnya berusaha dengan sungguh sungguh untuk bekajar dan membiasakan diri membaca. Baik 6membaca secara tekstual maupun kontekstual.

Membaca dalam hal ini tentu tidak hanya sekedar membunyikan huruf, kata atau kalimat, melainkan membaca yang bisa menjadi bekal utama dalam menulis.

Membaca yang bisa menjadi bekal utama dalam menulis adalah membaca secara cerdas.

6Membaca secara cerdas yaitu membaca yang disertai dengan menelaah, menganalisa, memahami isi bacaan dan menyimpulkannya, sehingga kita dapat merangkai kalimat dari apa yang kita baca.

Untuk itu, semakin banyak dan sering kita membaca, semakin banyak juga bekal yang kita miliki.

Jika bekal yang kita miliki cukup banyak maka akan dapat memudahkan kita  menemukan kosa kata yang tepat untuk digunakan ketika menulis.

Mulailah Menulis Dengan Membaca

Salam literasi

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan