Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Saatnya Wanita Berkarya

21 April 2011   13:11 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:33 208 1

Hari ini, kita semua memperingati Hari Kartini. Iya, setiap tanggal 21 April segenap wanita Indonesia patut berbahagia. Kita semua tahu, RA Kartini adalah tokoh emansipasi wanita. Perjuangan wanita mulai dihargai atas jasa beliau.

Kini, kiprah wanita sudah mulai terlihat dan dijamin oleh pemerintah. Banyak wanita yang kini berkantor di kantor pemerintah maupun swasta. Tak hanya itu, banyak pula kaum wanita yang menjadi wanita karier, wirausahawati, guru, dokter, dan banyak lain. Bahkan, kini beberapa kaum wanita juga banyak yang duduk di parlemen.

Hal ini terjadi atas dukungan pemerintah. Bukti nyatanya adalah adanya Kementerian yang mengurusi wanita. Ya, Kementarian Pemberdayaan Perempuan. Sesungguhnya ini semua adalah untuk menghargai para kaum wanita dan memberikan perlindungan terhadap kaum wanita berdasar kepada perjuangan RA Kartini.

Mengapa saya mengangkat tema seperti diatas. Sebab, sampai saat ini masih banyak kaum wanita yang takut untuk terjun ke masyarakat. Sebab, mereka masih berkeyakinan bahwa tugas wanita hanya mengurus anak, memasak, dan menjaga rumah selagi sang Suami mencari nafkah. Namun, zaman telah berubah.

Saat ini, banyak wanita yang telah bekerja demi keluarganya. Mulai dari pegawai kantoran, businesswoman, hingga Anggota legislatif. Bagi anda sekalian yang mungkin tidak mau bekerja kantoran, banyak hal loh yang dapat kita kerjakan demi keluarga kita. Mungkin bagi anda sekalian kaum wanita yang suka online di internet. Anda dapat memanfaatkan dunia maya, seperti mengembangkan bisnis online, atau sekedar berbagi opini seperti kompasiana.com ini.

Atau anda sekalian yang punya jiwa bisnis tapi males keluar rumah. Bisa dengan berwirausaha di rumah dengan membuka toko. Selain menyalurkan jiwa bisnis Anda, ini juga dapat menambah pendapatan keluarga.Barang yang dijual pun bisa beragam, mulai dari barang kelontong (sembako, dll), makanan siap saji, bahkan barang kerajinan tangan-pun juga dapat dijual. Karena itulah, di beberapa daerah di Indonesia, para ibu-ibu PKK memanfaatkan hasil kerajinan tangannya untuk dijual dengan usaha toko seperti itu. Hasilnya digunakan untuk keperluan PKK dan lain-lain.

Bagi, anda kaum wanita yang mempunyai hobi di bidang seni, juga dapat menyalurkan bakatnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Seperti membuat sanggar tari, sanggar pelatihan musik, dan banyak lagi.

Kesimpulannya, para kaum wanita tak perlu takut untuk berkarya. Pemerintah telah melindungi para kaum wanita. Banyak cara untuk berkarya: mulai dari bidang seni, politik, bisnis, hingga wirausaha.

terakhir, SELAMAT HARI KARTINI. SAATNYA WANITA BERKARYA DEMI TERCAPAINYA INDONESIA YANG SEJAHTERA!!!!

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan