Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Media Pembelajaran dalam Perspektif Al Quran

25 Februari 2021   12:52 Diperbarui: 26 Februari 2021   08:24 9735 1
Pendidikan di era pandemi Covid-19 menuntut para pendidik lebih selektif, kreatif dan inovatif dalam penyampaian pembelajaran agar tidak terjadi destingtif dalam penerimaan pengetahuan oleh para siswa, terutama pemilihan penggunaan media. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran bisa berbentuk apapun, yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan kemampuan atau ketrampilan pembelajaran, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar atau kegiatan pembelajaran. Batasan dari media pembelajaran ini cukup luas dan mendalam, dengan mencakup pengertian sumber, manusia dan lingkungan serta metode yang dimanfaatkan dari tujuan pembelajaran atau pelatihan. (Mukti, F.D., 2019:311).

  • Fungsi media dalam proses pembelajaran adalah sebagai media penyampai informasi. Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keinginan dan minat anak dalam belajar. Selain membangkitkan minat dan keinginan anak media pembelajaran juga membantu proses penyajian materi dan pemahaman anak terkait materi. Empat fungsi media pembelajaran terutama media visual menurut Levie dan Lentz adalah :
  • Fungsi Atensi : Media pembelajaran berfungsi sebagai inti di mana mampu menarik dan mengarahkan perhatian siswa agar dapat berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Sangat sering ditemui bahwa siswa tidak fokus terhadap pembelajaran yang dilakukan, namun setelah menggunakan media pembelajaran kemudian siswa tersebut dapat lebih diarahkan untuk memperhatikan media pembelajaran yang digunakan.
  • Fungsi Afektif: Dapat dilihat dari kenikmatan siswa ketika belajar teks yang disertai gambar. Media pembelajaran visual mampu menggugah emosi dan sikap siswa, siswa dapat menganalisis dan menanggapi dengan perbuatan terhadap fenomena yang ditampilkan. Media pembelajaran juga membuat siswa tidak pasif, bahkan siswa juga mempelajari dan mempraktikkan penggunaan media pembelajaran yang digunakan.
  • Fungsi Kognitif: Media pembelajaran visual yang berisi lambang-lambang visual atau gambar dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung pada apa yang ditampilkan.
  • Fungsi Kompensatoris: Media visual yang memberi konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Media pembelajaran mampu mengakomodasi peserta didik yang lemah dan lambat menerima dan mempelajari pelajaran yang disajikan tanpa menggunakan media (Azhar, 2013:10).
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun