Mohon tunggu...
KOMENTAR
Hobi Pilihan

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Cepat Besar

17 Maret 2020   14:11 Diperbarui: 17 Maret 2020   15:53 1754 2

Seringkali terdengar keluhan dari para pemelihara koi, mengapa koi-koi mereka tak bisa besar meski sudah diberi pakan yang cukup dan dipelihara di dalam kolam dengan benar. Namun demikian yang dimaksud dengan koi besar tentu relatip, tergantung dari kebiasaan yang mereka lihat.

Pada umumnya untuk koi lokal, ukuran 50 - 60 cm itu sudah termasuk koi besar. Namun jika dibandingkan dengan koi import, maka koi import relatif lebih cepat pertumbuhannya dan tentu bisa jauh lebih besar dibandingkan koi lokal. Panjang Koi import bahkan bisa mencapai lebih dari 100 cm!

Mengapa Koi Import Tumbuh Lebih Cepat

Sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu, bahwa yang dimaksud Koi Lokal dalam artikel ini adalah koi yang dibudidayakan di dalam negeri dan  biasanya diproduksi oleh para petani koi di daerah Blitar, Sukabumi dan beberapa daerah lainnya. Sedangkan Koi Import adalah Koi yang langsung didatangkan dari Jepang. Lalu apa bedanya, terkait dengan pertumbuhan koi?

Jika  koi masih kecil (ukuran dibawah 10 cm), baik koi import maupun lokal, bentuk badannya mirip dan  kualitas warnanyapun juga tak beda jauh. Namun demikian, bagi yang sudah berpengalaman, akan dengan mudah membedakan mana yang koi lokal, dan mana yang koi import meski tubuhnya sama-sama kecil.

Untuk koi ukuran kecil dibawah 10 cm, Koi Import dan Koi Lokal sepintas tampak sama. Namun dalam perkembangannya, pertumbuhan Koi import relatif lebih cepat dibandingkan koi lokal.

Hal yang membedakan koi asli import dan koi lokal ketika sudah sama-sama dewasa, terutama adalah pada bagian kepala yaitu bentuk mulut dan badan secara keseluruhan, selain kualitas warnanya.

Meski demikian, tidak semua Koi Lokal lambat dalam pertumbuhannya dan tak bisa tumbuh besar. Demikian juga sebaliknya untuk Koi Import, ada pula yang tetap kuntet (bogel) dan tak bisa tumbuh besar meski telah dirawat dan diberi pakan bagus sekalipun.

Tingkat kecepatan dalam pertumbuhan badan koi terutama sangat dipengaruhi oleh faktor genetika yang diwariskan dari pasangan induknya, selain mutu pakan dan proses pemeliharaannya.

KEMBALI KE ARTIKEL