Mohon tunggu...
KOMENTAR
Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Roti Bakar Hazelnut, Takjil Enak dan Mudah Favorit Si Kecil

17 April 2021   13:34 Diperbarui: 18 April 2021   16:14 505 14

Roti Bakar Hazelnut, Takjil Enak dan Mudah Favorit Si Kecil

Tahun ini, saya mulai melatih anak-anak untuk ikut berpuasa. Si sulung yang berusia 8 tahun, kali ini berlatih puasa penuh. Sedangkan si bungsu yang masih 5 tahun, berpuasa dhuhur.

Mengajarkan anak berpuasa ini memang tidak mudah. Tidak bisa memaksa mereka, namun juga harus melatih puasa. Perlu cara yang tepat dan menyenangkan. Salah satunya dengan memberikan reward berupa makanan berbuka favorit. Agar mereka semangat berpuasa. Salah satunya adalah Roti bakar hazelnut.

Kapan Waktu yang Tepat Mengajak Anak Berpuasa?

Beberapa hari lalu di sebuah wag terlibat diskusi yang sangat menarik. Yaitu tentang kapan sebaiknya mengajak anak berpuasa. Tentunya melihat kondisi anak masing-masing.

Ada yang mulai dari 3 tahun, ada juga yang mulai dari 5 tahun. Kalau saya sendiri mulai mengajak anak berpuasa saat usia 4 tahun. Saat itu hanya membiasakan anak ikut sahur dan berbuka. Meski nantinya mereka tetap makan dan minum.

Ketika anak berusia 6 tahun saya mulai mengajaknya berpuasa setengah hari. Jadi harapannya saat ini, si sulung yang berusia 8 tahun bisa ikut puasa full. Alhamdulillah, sampai saat ini si sulung masih bisa puasa full.

Sedangkan adiknya, bisa ikutan puasa, namun saat dhuhur tiba saya memberinya makan siang. Lalu lanjut puasa lagi hingga waktu berbuka tiba.

Tips Sukses Ajak Anak Berpuasa

Beberapa tips yang saya coba agar anak bisa sukses berpuasa adalah :

1. Pahamkan arti puasa

Pertama kali yang saya lakukan adalah memberikan pemahaman pentingnya berpuasa. Apa itu puasa dan mengapa harus puasa. Dengan begitu mereka bisa menjalani puasa secara ikhlas. Sebab tahu jika puasa adalah perintah Allah dan berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Berikan kegiatan bermanfaat

Agar anak tidak terus menerus menunggu waktu berbuka, saya mengajak mereka melakukan kegiatan yang bermafaat. Palung sering kami bermain busy book dan boardgame. Mengisi waktu sambil menunggu saat berbuka tiba.

3. Tidur siang lebih lama

Saat puasa saya juga mengajak anak-anak untuk tidur siang lebih lama. Biasanya anak-anak tidur pukul 9 pagi dan bangun pukul 1 siang. Supaya mereka tetap kuat berpuasa.

4. Asupan gizi yang cukup

Pastinya saat mengajak anak berpuasa, penuhi asupan gizinya. Hindari gorengan saat sahur, agar tidak mudah haus. Berikan makanan dengan gizi seimbang. Jangan lupa berikan madu dan vitamin untuk menambah stamina dan daya tahan tubuhnya.

5. Takjil Favorit

Anak-anak akan senang jika berbuka mendapat takjil favoritnya. Di rumah saya senantiasa menyediakan takjil yang mereka suka.

Salah satunya ya roti bakar hazelnut. Takjil favorit anak-anak yang enak dan mudah membuatnya.

Roti Bakar Hazelnut

Cara membuat roti bakar hazelnut ini mudah kok. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat.

Bahan :

Roti tawar
Selai hazelnut
Mentega
Susu kental manis
Keju parut

Cara Membuat :

Olesi roti dengan selai hazelnut
Lipat menjadi bentuk segitiga, kemudian oleskan mentega
Panggang roti hingga kecokelatan
Setelah matang, letakkan di piring saji dan beri toping susu kental manis dan keju.

Lebih lengkapnya bisa dilihat dalam video berikut ini ya

KEMBALI KE ARTIKEL