Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora Pilihan

Idul Fitri 1442 H dan Kenaikan Yesus, Dua Momentum dengan Satu Kata Kunci Kemenangan

13 Mei 2021   10:28 Diperbarui: 13 Mei 2021   10:35 211 13

Hari lebaran yang kerap identik dengan hari kemenangan. Alasan kemenangan tersebut adalah berhasil melawan godaan selama sebulan penuh, berpuasa selama Ramadhan, untuk pemurnian diri.

Sedangkan bagi umat Kristiani, Hari Raya Kenaikan merupakan momentum kemenangan atas maut. Yesus lahir kedunia, Ia datang untuk membebaskan manusia dari belenggu dosa lewat jalan salib.

Kunci dari iman kristiani adalah, sengsara wafat dan kebangkitan Kristus. 40 hari setelah peristiwa Paskah, Yesus naik ke Surga. KenaikanNya ke Surga merupakan sebuah kemenangan. Tuhan menang atas maut. Kematian tidak lagi berkuasa atas dunia.

Injil Yohanes pada misa kenaikan mengatakan "Terangkatlah Tuhan Yesus ke Surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah." Ia telah naik ke Surga namun Ia menjanjikan Roh Kudus yang akan menyertai misi pewartaan para murid di dunia.

Hari ini saya merayakan misa kenaikan di Stasi Kuneru, bagian dari wilayah paroki Katedral Atambua.
Dihadapan umat beriman Kristiani, saya menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri 2021, hari kemenangan bagi sama saudaraku muslim dan selamat merayakan kenaikan Tuhan, pesta kemenangan bagi umat beriman Kristiani.

Atambua, 13.05 2021

KEMBALI KE ARTIKEL