Mohon tunggu...
KOMENTAR
Catatan

Supernova Partikel: The Power of Twitter

13 April 2012   04:15 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:40 1382 0

Hari ini, Jum’at, 13 April 2012, pukul 4.44 sore, buku keempat dari heksalogi Supernova karya Dewi ‘Dee’ Lestari akan diluncurkan secara resmi di Indonesia. Buku keempat yang diberi judul Partikel ini adalah lanjutan dari Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh; Akar; dan Petir. Supernova: Petir terbit tahun 2004, dan baru delapan tahun kemudian Partikel akhirnya ‘dilahirkan’.

Sebagai penggemar Dee, saya tentunya selalu menyempatkan diri untuk mencari informasi kapan buku keempat ini terbit. Delapan tahun bukan waktu yang singkat. Sampai akhirnya beberapa minggu lalu Dee mengumumkan bahwa Partikel akan dirilis bulan April. Dan hebohlah jagat per-Twitter-an (mungkin juga di Facebook, saya tidak mengamati). Sejak saat itu, tiga akun Twitter yang berhubungan dengan Supernova menjadi sorotan: Dewi ‘Dee’ Lestari di @deelestari, penerbit Bentang Pustaka di @bentangpustaka, dan Posko Pembaca Dee di @adDEEction.

Dee yang jumlah follower-nya lebih dari 350 ribu tentunya yang paling memancing kehebohan. Tidak hanya mengumumkan soal kapan rilis Partikel, Dee juga sesekali menceritakan prosesnya menulis. Juga membuat video pertamanya di YouTube, menceritakan mengenai simbol-simbol yang digunakan sebagai cover baru keempat bukunya. Bentang Pustaka dan Posko Pembaca Dee juga tidak ketinggalan meramaikan dengan mengadakan lelang atau kuis yang hadiahnya adalah Supernova dengan tanda tangan Dewi Lestari. Setiap kali lelang atau kuis diadakan, dalam 5 menit pertama sudah bisa dipastikan ratusan jawaban atau replies masuk. And I was lucky to win one!

Supernova Partikel sudah tenar bahkan sebelum diluncurkan. Di situs-situs yang disediakan untuk pre-order, Partikel menduduki urutan pertama bestseller atau Top 10 Books. Dan Partikel juga sudah naik cetak dua kali padahal belum dirilis. Berita yang menyebar lewat Twitter, ditambah dengan kerinduan para penggemar Dee, plus penasarannya para penggemar baru yang dulu belum ‘ngeh’ apa itu Supernova; adalah kombinasi sempurna untuk hebatnya publikasi Partikel ini. Harus diakui, Twitter membuat advertising mudah.

Proficiat untuk Dee :)

-Citra

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun