Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud Pilihan

Dinpora Bojonegoro Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas untuk Pemuda Wirausaha

28 Juli 2022   16:55 Diperbarui: 28 Juli 2022   17:01 171 3

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro menggelar bimtek peningkatan kapasitas pemuda, Kamis (28/7/2022) di Hotel Aston Bojonegoro. Pemuda-pemudi ini diharapkan menjadi pelopor penggerak sektor ekonomi tak hanya nasional, bahkan hingga mancanegara.

Dalam bimtek yang mengusung tema Pemuda Cerdas Berwirausaha ini, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menjelaskan topik menarik saat ini yakni terkait peningkatan pemuda-pemudi dalam berwirausaha, dunia usaha dan digitalisasi.  

"Tiga poin tadi merupakan investasi jangka panjang. Pemuda-pemudi, selain mendapatkan pendidikan formal juga tantangan berwirausaha sesuatu yang bisa mengisi sektor-sektor partisipasi masyarakat," jelas Bupati yang hadir secara virtual.

Saat ini, lanjut Bupati Anna, adalah era pemuda membuka lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Peningkatan kapasitas menambah cakrawala pandang terhadap beberapa khasanah bagaimana menjadi wirausaha tangguh, kuat dan dibangun dengan kepercayaan.

"Wirausaha dibangun dengan trust (kepercayaan). Kepercayaan pada relasi, mitra kerja, konsumen. Termasuk membaca peluang pasar," tuturnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Bojonegoro Amir Syahid menjelaskan, dasar pelaksanaan kegiatan adalah program pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan. Yakni untuk membantu peningkatan kapasitas pemuda di dalam menangkap era globalisasi dan teknologi yang saat ini sedang berkembang pasca pandemi.

"Menurut kami, data yang ada di Bojonegoro dari jumlah pemuda 291.248 dari 22 persen jumlah penduduk Bojonegoro, ini yang berada di dunia usaha dan sudah mulai berwirausaha ada 69.619 atau baru tiga persennya," jelasnya.

Dari data ini, lanjut Amir, harapannya pemuda inilah yang menjadi pelopor penggerak perubahan-perubahan yang nantinya pemuda Bojonegoro bisa menjadi pelopor penggerak peningkatan ekonomi.

Dalam bimtek ini, hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto, Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Welly Fitrama, Sekretaris Dinas Perdagangan Ahmadi. Sedangkan narasumber dari Pakar Komunikasi Media Sosial Ismail Fahmi,  Ketua Umum Barisan Pemuda indonesia Syamsul Hidayah, Praktisi Bisnis dan Teknologi Digital Anton, serta wirausaha muda dan wirausaha muda pemula. [cs/nn]

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan