Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bulutangkis Pilihan

Analisis 2 Kemenangan Beruntun Praveen/Melati Atas Si Wei/Ya Qiong

28 Oktober 2019   15:45 Diperbarui: 28 Oktober 2019   17:08 286 3

Berangkat dengan cerita pulang malam dan absen latihan--hingga jadi omongan sampai ke Badminton Lovers Tiongkok--tanpa diduga Praveen Jordan bersama dengan Melati Daeva Oktavianti tampil menggila di Eropa. Dua gelar direnggut sekaligus di Denmark dan Prancis. Dua gelar yang direbut juga tidak main-main karena dalam perjalanan ke final pada 2 kejuaraan tersebut, PraMel mengalahkan 3 monster di ganda campuran saat ini.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dominasi Tiongkok di nomor XD ini luar biasa pada 2 tahun terakhir. Serupa dengan yang dibuat oleh Indonesia di Ganda Putra namun belum segarang Jepang di Ganda Putri--terutama awal tahun 2019. Tahun ini saja, jika suatu turnamen diikuti oleh Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan/atau Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping maka hampir pasti gelar juara ya auto ke salah satu diantara keduanya.

Zheng/Huang si nomor 1 dunia sudah juara di Indonesia Masters, All England, Malaysia Open, Indonesia Open, Kejuaraan Dunia, serta China Open. Ketika misalnya mereka kalah, seperti di Kejuaraan Asia atau Japan Open maka gelar dicaplok Wang/Huang. Kejuaraan Asia sebenarnya dapat di-exclude dari catatan Zheng/Huang karena jelas sekali Huang Ya Qiong sedang sakit ketika kalah dari He Ji Ting/Du Yue, tapi harus main karena tidak boleh withdrawn mengingat lawannya adalah satu negara.

KEMBALI KE ARTIKEL