Mohon tunggu...
KOMENTAR
Teknologi

Memahami Lebih Jauh Tentang Internet Agar Tidak Salah Menggunakan

20 April 2019   13:57 Diperbarui: 21 April 2019   16:13 43 0

Hai Bro dan sist sudah lama rasanya saya tidak memberikan informasi pada forum ini dan kali ini saya membawakan topik menarik seputar internet karena anda pastinya tahu bahwa pada era digital sekarang ini internet sudah merupakan makanan sehari-hari bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Pengguna internet khususnya di indonesia dari tahun-ketahun mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dengan semakin murahnya biaya internet dan semakin banyaknya gadget atau hardware untuk mengakses internet semakin memacu pertumbuhan pengguna internet di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Internet banyak memberikan manfaat positif bagi kehidupan kita akan tetapi selain sisi positif, internet juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Tidak bisa dipungkiri dunia maya bisa menjadi dunia kedua bagi pengguna internet selain dunia nyata yang kita tempati ini. Apalagi bagi pengguna internet yang sudah kecanduan internet, seakan-akan tidak bisa hidup tanpa berkoneksi dengan internet. Mereka seakan-akan lebih banyak "hidup" di dunia nyata dibandingkan dengan dunia yang sebenarnya. Padahal di sisi lain dia juga harus berinteraksi dengan orang-orang yang ada di dunia nyata, seperti anak, isteri, keluarga atau teman dan tetangga.

Aktifitas di dunia maya terutama bagi yang sudah kecanduan internet bisa mengganggu kehidupan sosial. Penelitian yang dilakukan di lakukan oleh Michael Gilbert dari Universitas California Selatan mengungkapkan bahwa hubungan kode redeem ff sosial tiap-tiap keluarga kini mulai terbatas akibat terlalu banyak mengakses internet.

Sebanyak 49 persen peserta perempuan yang disurvei mengaku merasa diabaikan oleh pasangannya yang sibuk internetan. Yang lebih mengkhawatirkan, remaja dan anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun adalah orang-orang yang paling banyak menghabiskan waktunya di depan komputer. Padahal, umur-umur seperti itu justru masa untuk bersosialisasi yang penting untuk membangun mental serta karakter si anak.

Jadi, apapun yang berlebihan itu tidak baik. Bolehlah kita sebagai pengguna internet aktif tetapi jangan lupa bahkan kita punya kehidupan sosial di dunia nyata. Jangan sampai keluarga kita, anak-anak kita hancur akibat penggunaan internet yang melampaui batas.

KEMBALI KE ARTIKEL