Mohon tunggu...
KOMENTAR
Entrepreneur Pilihan

Dampak Sustainable Supply Chain Practices pada E-Commerce di Era Industri 4.0

13 Mei 2023   16:45 Diperbarui: 13 Mei 2023   16:46 131 0

Di era Industri 4.0, kebangkitan e-commerce secara mendasar mengubah cara orang berbelanja dan telah menjadi bagian penting dari kehidupan mereka. Belanja online telah memberi konsumen kemudahan membeli produk dari kenyamanan rumah mereka sendiri dan memungkinkan pedagang menjangkau khalayak yang lebih luas. Namun, dengan pertumbuhan e-commerce yang eksponensial, meningkatnya permintaan belanja online juga memberikan tekanan pada pedagang untuk mengatasi dampak lingkungan dan sosial dari rantai pasokan mereka karena pelanggan sekarang cenderung memilih retail yang memprioritaskan keberlanjutan.

Praktik Rantai Pasokan Berkelanjutan
Rantai pasokan berkelanjutan mempertimbangkan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi dari seluruh rantai pasokan, mulai dari sumber bahan baku hingga penanganan dan pembuangan produk. Menerapkan praktik rantai pasokan berkelanjutan dalam belanja e-commerce dapat membawa banyak manfaat yang dapat dicapai dengan mempromosikan standar tenaga kerja yang etis, mengurangi emisi gas rumah kaca, mengurangi limbah, dan meningkatkan operasi yang efisien serta penggunaan sumber daya. Oleh karena itu, industri e-commerce harus fokus pada praktik rantai pasokan yang berkelanjutan. Pada artikel ini, kami akan mengeksplorasi dampak praktik rantai pasokan berkelanjutan dalam e-commerce di revolusi Industri 4.0.

1. Pengurangan Jejak Karbon
Salah satu tujuan utama rantai pasokan berkelanjutan dalam e-commerce adalah mengurangi jejak karbon. Pedagang e-commerce dapat mencapainya dengan mengoptimalkan rute pengiriman, menggunakan kendaraan listrik untuk transportasi, dan menggunakan sumber energi terbarukan. Penggunaan bahan kemasan ramah lingkungan, seperti karton daur ulang dan bahan biodegradable, dapat mengurangi jejak karbon dengan meminimalkan limbah kemasan. Praktik-praktik ini dapat mengurangi jejak karbon rantai pasokan mereka secara signifikan, yang dapat membantu mengurangi dampak negatif perubahan iklim dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun