Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi

Kepatuhan dan disiplin, kunci atasi Covid-19

5 April 2020   21:28 Diperbarui: 8 April 2020   13:24 229 0

Pendahuluan
Kita tidak pungkiri bahwa Tiongkok telah berhasil memenangkan pertempuran mengatasi wabah Covid-19 belum lama ini, hal tersebut karena rakyat Tiongkok terbiasa hidup dalam kepatuhan penuh dan disiplin tinggi pada setiap peraturan.

Sebagai salah satu negara demokrasi di Asia, Korea Selatan juga berhasil menekan jumlah kasus penyebaran wabah Covid-19, padahal mereka adalah salah satu negara yang tidak memberlakukan sistem lockdown, melainkan hanya dengan metode rapid test. Mengapa demikian, jawabannya tidak lain adalah karena rakyat Korsel memiliki tingkat disiplin dan kepedulian yang tinggi untuk mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi. Begitu pula halnya dengan Taiwan yang tercatat sebagai salah satu negara yang rendah tingkat kasus penyebaran Covid-19, padahal secara geografis terletak tidak jauh dari Tiongkok.

Kunci hadapi wabah
Tanggapan pemerintah yang cepat dan agresif, serta didukung dengan kedisiplinan dan kesadaran tinggi seluruh rakyatnya adalah kunci keberhasilan menekan angka penyebaran wabah.
Sebaliknya angka kasus penyebaran wabah akan semakin melonjak tinggi, jika rakyat tidak memiliki kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi. Salah satu contoh tersebut adalah kondisi yang kini dihadapi oleh pemerintah dan rakyat Italia.

Gaya dan kehidupan sosial di Italia memang tidak berbeda jauh dengan gaya kehidupan sebagian besar negara di Asia tenggara (salah satunya adalah negara kita) yang suka "ngumpul" dan ber "kongkow ria" sambil menyeruput teh atau kopi, disamping tradisi mudik saat liburan panjang.
Kondisi tersebut yang menjadi penyebab utama bertambah tingginya tingkat penyebaran wabah Covid-19, sehingga tingkat kematian di negara tersebut melonjak dalam waktu singkat.

KEMBALI KE ARTIKEL