Mohon tunggu...
KOMENTAR
Foodie Artikel Utama

#KPK Gerebek 9: HeFChick Depok

15 Maret 2015   12:06 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:38 18 0

Ayam menjadi sajian tak asing di meja makan, diolah dengan aneka cara dan bumbu. Entah dimasak Sup, goreng tepung, goreng biasa, atau dikecapin. Restauran cepat saji menjamur, memudahkan konsumen ayam untuk membelinya. Aneka merk saling bersaing, merebut perhatian calon pembeli. Menawarkan paket hemat, atau pembelian plus CD penyanyi terkenal. Padahal kalau dicermati, rasa yang ditawarkan tidak jauh beda. Semua makanan berbahan dasar ayam, dikemas dengan tepung crispy dan original.

Sabtu 14 Maret 2015 team KPK menggerebek HefChick, tepatnya di Komplek Pelni Cimanggis Depok. Gerebek ini adalah gelaran ke 9, diadakan Kompasianer Penggila Kuliner (KPK). Beruntung saya masuk dalam lima belas K-ers terpilih, ikut mencicipi menu istimewa HefChik. Pak Kusnadi dan Pak Irwan menyambut kami, dengan ramah dan dua tangan terbuka. Kompasianers diajak mengetahui muasal, Herbal Fried Chicken (HeFChick) yang mencoba hadir di pasara. Mengisi ceruk persaingan bisnis ayam, yang sudah banyak pemain berkecimpung. Bahkan Kompasianer diajak menengok dapur yang bersih, sebagai tempat mengolah makanan sebelum disajikan ke konsumen.

HEFCHICK adalah brand yang dibangun dan dikembangkan oleh dr. Adian Husaini, bergerak dibidang makanan siap saji dengan menu utamanya adalah Ayam Goreng, dengan mengusung Brand Positioning “Lebih Sehat, Lebih Lezat“ Ayam HEFCHICK diyakini memiliki ke khasan yang berbeda karena diolah secara alami.Herbal Fried Chicken menyajikan inovasiayam Herbal, sebagai alternatif pilihan bagi konsumen.

Dimulai dari Saat Pemeliharaan

  • DOC (Day Old Chick) umur 1- 15 hari ramuan herbal, tidak ada vaksin dan antibiotik.
  • Pakan khusus berbau segar, tanpa tambahan hormon pertumbuhan.
  • Lingkungan kandang tidak berbau tajam menyengat,
  • Bila ada yang sakit terpaksa diberi obat kimia, maka akan dipisahkan diperlakukan sebagai ayam broiler biasa, bukan ayam herbal organik.

Rumah Potong Ayam (RPA)

  • RPA harus mendapat sertifikat halal MUI provinsi
  • Tidak ada tahap stunning (pemingsanan), karena dikhawatirkan ada ayam yang telah menjadi bangkai (biasanya 15% sudah mati menurut riset)
  • Penyembelihan dilakukan secara manual, dibacakan do’a utk setiap ayam yg dipotong
  • Penyembelihan memutus : saluran nafas, saluran makanan, 2 saluran darah
  • Ayam dipastikan mati sempurna sebelum ke tahap selanjutnya

Perlakuan Setelah Penyembelihan

  • Perebusan sebelum cabut bulu dengan air panas sekitar 60oC
  • Cuci ayam menggunakan air bersih tanpa klorin (biasanya menggunakan bawang putih)
  • Setelah menjadi karkas, secepatnya simpan ke air dingin
  • Aroma ayam tercium segar khas daging ayam
  • Potong- potong menjadi 9-10 potong/karkas utuh
  • Kemas dalam kantung plastik dan diamkan minimal selama 2x24jam dalam freezer Blasting.

*****

Dari proses awal yang semaksimal diupayakan higenis, konsumen akan diuntungkan. Karena mengkonsumsi makanan sehat, tentu berdampak bagi kesehatan pula. Dengan pengerjaan yang hati hati, niscaya hasil yang didapat juga sepenuh hati.

Proses rekrutmen karyawan sangat unik, melibatkan santri sebuah pondok pesantren. Pihak HefChick direkomendasi seorang Kiai (Pengasuh Pesantren), menggunakan tenaga santri di Pondok. Secara psikologis satriwan dan santriwati, akan bekerja sungguh demi menjaga nama pondok dan Kiainya. Mereka yang paham mana baik dan tak baik, tak sembarangan melakukan suatu tugas.

Kekhususan yang diusung Herbal Fried Chicken adalah halal, karena disembelih sesuai standar MUI. Dan meluruskan Halal kebutuhan semua orang, bukan hanya produk khusus muslim. Ayam yang dikembangkan 100% tanpa hormon pertumbuhan, antibiotik, rutin diperiksa oleh Balai produk peternakan, dibimbing Balai Penelitian Ternak-IPB. Dan tak kalah pentingdibuat dengan bumbu segar, tanpa pengawet dan penguat rasa (MSG).

Aneka menu disajikan selain ayam goreng, yaitu Chicken Katsu, Cordon blue, Blackpapper Chicken, Chicken teriyaki dan menu lainnya. Dengan harga yang terjangkau dan bersaing, HefChcik menyasar pada target market , Keluarga &yang peduli halal & baik. Tingkat SES: A, B, C+ serta tingkat pendidikan lebih baik, dan umumnya penyuka Makanan Enak. Ruangan HeFChick didesign dengan warna teduh dan akrab, serta tersediamusolla bagai pengunjung, agar tak kehabisan waktu sholat.

Herbal Fried Chicken kini sudah memiliki outlet di tiga kota, yaitu Solo, Semarang dan Depok. Membuka peluang bagi kompasieners untuk bermitra, dengan skema yang sudah disediakan. Siapa sangka satu nama Kompasianer aktif, ternyata menjadi owner dari HefChick.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun