Pendidikan Inklusi Humanis, Solusi Model Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
13 Juni 2020 22:08Diperbarui: 13 Juni 2020 21:5924043
Di Indonesia pendidikan inklusif menganut sistem moderat, yaitu model pendidikan yang memadukan antara model inklusi parsial dan model inklusi penuh atau mainstreaming. Dengan model pendidikan inklusi moderat atau mainstreaming ini, anak berkebutuhan khusus tidak harus mengikuti kelas dan kurikulum reguler secara keseluruhan, tetapi mereka bisa berpartisipasi di kelas tertentu yang khusus disediakan untuk mereka dan disesuaikan dengan kebutuhan yang mereka perlukan dalam proses pembelajaran (Anita Woolfolk, 2009: 188). Akan tetapi model tersebut kurang relevan jika diterapkan, sebab seolah-olah terlihat lebih membedakan antara siswa yang regular dengan siswa yang non regular.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.