Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Penggemar pesawat berbagai jenis dan pengoperasiannya serta perkembangannya melalui membaca. Airport of Birth : HLP Current Airport : DPS

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Meningkatkan Manfaat Ulasan Kompasianer dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia

20 September 2022   13:50 Diperbarui: 20 September 2022   14:09 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : Kompasiana.com

Banyak sekali ulasan dan artikel travel dan holiday di Kompasiana terutama pada destinasi destinasi wisata yang ada di Indonesia, ini membuktikan bahwa baik Kompasiana dan Kompasianer telah menjadi bagian dari tim besar dalam pengembangan pariwisata di Indonesia.

Dengan tersedianya ulasan dan artikel tersebut maka sebenarnya dapat dijadikan dasar bagi pihak Kompasiana, mungkin dalam hal ini parent company nya, untuk melebarkan sayap usahanya dan sekaligus meningkatkan perannya dalam pengembangan pariwisata kita.

Sebagai ide dan pemikiran penulis saja bahwa salah satu caranya adalah dengan mendirikan startup berupa travel apps yang menyediakan paket paket wisata di Indonesia.

Parent company Kompasiana ( Kompas Gramedia Group) bisa mendirikan anak perusahaannya dan mengundang tour operator di berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan paket wisata ke berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Proses verifikasi sudah pasti menjadi hal yang utama baik validasi bisnis nya maupun profil usahanya dalam bidang penyediaan layanan wisata dan sudah memiliki ijin sebagai tour guide ataupun tour operator.

Dalam setiap paket wisata yang ditawarkan, ulasan dan artikel pada Kompasiana bisa dilampirkan berupa link disana yang bisa dijadikan sebagai points of reference bagi wisatawan yang ingin memesan paket wisata tersebut.

Tentu saja Kompasiana akan memilih ulasan dan artikel yang benar benar mempresentaaikan keadaan yang mendekati dan bahkan sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Selain dari itu Kompasiana juga dapat memberikan apresiasi kepada penulisnya dimana mekanisme dan sistemnya adalah sepenuhnya kebijaksanaan dari Kompasiana

Bagi Kompasianer yang memang berdomisili sesuai dengan ulasannya maka dia juga dapat dijadikan Contact Person bagi wisatawan bila mengalami hambatan atau memerlukan bantuan lain khususnya bagi solo traveler dan keluarga.

Banyak ulasan dan artikel wisata Indonesia yang berupa itinerary juga dan ini bisa dijadikan paket rekomendasi pada penawaran paket wisata ke daerah daerah tertentu.

Dapat juga Kompasiana memberikan kesempatan bagi kompasianer yang memang berdomisili didaerah yang sama, untuk menjadi tour assistant bagi wisatawan, dengan demikian bisa membantu kompasianer untuk menambah kepulan asap dapur semakin pekat.

Sebagai masukkan saja, penulis memiliki teman  yang berdomisili di sebuah negara di Eropa, dia menjalankan usaha sebagai tour operator bagi wisatawan Indonesia yang ingin berlibur ke negara negara di Eropa.

Dengan cara ini, wisatawan Indonesia dapat terbantukan dalam segala hal seperti bahasa, pengetahuan tentang kebiasaan dan lainnya.

Begitu pula nantinya para Kompasianer di daerah dapat berperan sebagai penyedia informasi tentang kelolakan kepada wisatawan.

Jenis wisata nya dapat secara umum ataupun memang hanya khusus seperti wisata dengan berbasis keberlanjutan dan responsible travel, misalnya wisata agriculture (green tourism) atau wisata pesisir di pulau pulau yang mengusung konsep keberlanjutan (blue tourism).

Selain dari paket wisata, bisa juga ditambah dengan marketplace bagi produk produk UKM di berbagai daerah melalui peran dari Kompasianer yang juga mengulas dan menulis artikel mengenai produk produk tersebut.

Sedangkan untuk sistem pembayarannya dapat diberlakukan dengan berbagai mekanisme, misalnya tour operator baru menerima pembayaran full ketika wisatawan selesai berlibur atau menerima sebagian dulu dan kemudian penuh.

Perluasan cakupan destinasi yang ditawarkan juga dapat diperluas ke mancanegara nantinya, untuk awalnya lebih baik memfokuskan ke destinasi wisata yang ada di Indonesia sebagai perwujudan andil kita untuk membantu Pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Indonesia.

Juga sebagai pihak pengingat Pemerintah untuk tidak main serong sana sini dalam kebijakannya, peran kompasiana dan kompasianer sudah terbukti pada permasalahan di Taman Nasional Komodo dan Borobudur untuk mengingatkan Pemerintah bertindak lebih arif lagi.

Ini hanya berupa ide dan pemikiran dari penulis yang pensiunan tour operator dengan tujuan agar ulasan dan artikel wisata dari Kompasianer dapat memberikan manfaat kepada orang banyak terutama pada wisatawan, dan dengan tetap pada platform yang sama maka juga akan memberikan rasa aman kepada wisatawan.

Untuk selanjutnya, penulis menyerahkan kepada pihak Kompasiana dan parent company nya, sehingga tagline "Beyond Blogging" dari Kompasiana lebih semakin terjabarkan melalui peningkatan manfaat dari partisipasi para penulisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun