Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation and Aerospace

We tend to make things simpler as we get older.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Meningkatkan Manfaat Ulasan Kompasianer dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia

20 September 2022   13:50 Diperbarui: 20 September 2022   14:09 66 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto : Kompasiana.com

Banyak sekali ulasan dan artikel travel dan holiday di Kompasiana terutama pada destinasi destinasi wisata yang ada di Indonesia, ini membuktikan bahwa baik Kompasiana dan Kompasianer telah menjadi bagian dari tim besar dalam pengembangan pariwisata di Indonesia.

Dengan tersedianya ulasan dan artikel tersebut maka sebenarnya dapat dijadikan dasar bagi pihak Kompasiana, mungkin dalam hal ini parent company nya, untuk melebarkan sayap usahanya dan sekaligus meningkatkan perannya dalam pengembangan pariwisata kita.

Sebagai ide dan pemikiran penulis saja bahwa salah satu caranya adalah dengan mendirikan startup berupa travel apps yang menyediakan paket paket wisata di Indonesia.

Parent company Kompasiana ( Kompas Gramedia Group) bisa mendirikan anak perusahaannya dan mengundang tour operator di berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan paket wisata ke berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Proses verifikasi sudah pasti menjadi hal yang utama baik validasi bisnis nya maupun profil usahanya dalam bidang penyediaan layanan wisata dan sudah memiliki ijin sebagai tour guide ataupun tour operator.

Dalam setiap paket wisata yang ditawarkan, ulasan dan artikel pada Kompasiana bisa dilampirkan berupa link disana yang bisa dijadikan sebagai points of reference bagi wisatawan yang ingin memesan paket wisata tersebut.

Tentu saja Kompasiana akan memilih ulasan dan artikel yang benar benar mempresentaaikan keadaan yang mendekati dan bahkan sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Selain dari itu Kompasiana juga dapat memberikan apresiasi kepada penulisnya dimana mekanisme dan sistemnya adalah sepenuhnya kebijaksanaan dari Kompasiana

Bagi Kompasianer yang memang berdomisili sesuai dengan ulasannya maka dia juga dapat dijadikan Contact Person bagi wisatawan bila mengalami hambatan atau memerlukan bantuan lain khususnya bagi solo traveler dan keluarga.

Banyak ulasan dan artikel wisata Indonesia yang berupa itinerary juga dan ini bisa dijadikan paket rekomendasi pada penawaran paket wisata ke daerah daerah tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan