Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aerophile | Aviation Enthusiast

Man seems, spirit is || Spirit is what man can be

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Nakation, Konsep Liburan Kaum Dewasa

26 Agustus 2022   20:58 Diperbarui: 27 Agustus 2022   11:42 200 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Private dan Privacy (Sasin Tipchai/pixabay.com)

Ulasan ini murni bertujuan sebagai informasi saja dan tanpa ada maksud lain.

Mendengar judul nya kita sudah bisa  bahwa ini sensirif dan hanya untuk yang sudah dewasa, akan tetapi untuk tujuan informasi dan pengetahuan kita maka tidak ada salahnya jika mengetahui sedikit tentang konsep wisata ini dan bagaimana konsep liburan kaum dewasa ini bisa berkembang pesat.

Dan bila ada yang langsung menghubungkan dengan pemandangan pantai berisi orang orang tanpa busana mungkin benar tetapi tidak sepenuhnya benar jika kita benar benar memahami konsep ini.

Nakation berasal dari dua kata yang kita semua sudah bisa menebaknya namun secara definisi, nakation adalah konsep liburan bagi kaum dewasa dimana pakaian merupakan pilihan (clothing-optional vacation) bagi yang berlibur di sebuah hotel ataupun resort yang secara khusus menyediakan konsep liburan untuk.dewasa ini.

Secara khusus disini berarti bersifat private dengan menawarkan privacy penuh kepada tamunya, private juga mengacu kepada kawasannya yang hanya dikhususkan kepada wisatawan dengan tujuan yang sama serta tidak menganggu kehidupan sekitar. 

Sedangkan privacy disini berarti tidak ada yang akan mempedulikan apapun dan kemanapun kita pergi dalam kata lain konsep ini adalah liburan anti kepo dimana tidak ada yang bertanya kemana dan sama siapa liburannya ?

Perlakuan ini juga ada di beberapa private island dan atau kawasan lain yang secara total menjaga agar kawasan tetap private, sebagai contoh private island milik Richard Brenson yang sudah dikujungi oleh para selebriti dan high profile lainnya termasuk Barrack Obama.

Namun ada aturan yang harus ditaati juga pada konsep ini,  salah satunya tamu tidak diboleh membawa hp selama berada dikawasan hotel atau resort.

Aturan ini menandakan kita tidak dibolehkan mengupload foto dan update status, dengan kata lain konsep ini adalah konsep liburan anti social media dimana pada prakteknya terdapat wisatawan high profile yang benar benar tidak dapat membedakan mana privacy dan mana pansos ataupun pamer harta.

Konsep ini juga dapat dikatakan berangkat dari kenyataan bahwa sangat jarang lokasi lokasi liburan yang dapat menerima kegiatan tanpa busana walau di beberapa pantai umum masih terdapat pemandangan dimana orang melakukan kegiatan sunbathing atau berjemur tanpa busana di bagian atas tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan